Yogyakarta

AP I Pastikan YIA Kuat Diterjang Tsunami Setinggi 12 Meter

Hal itu telah diperhitungkan sejak masa persiapan pembangunan sampai tahap konstruksi fisiknya.

AP I Pastikan YIA Kuat Diterjang Tsunami Setinggi 12 Meter
ap_airports
Landasan Pacu Yogyakarta International Airport (YIA) 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - PT Angkasa Pura I memastikan bahwa pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta alias Yogyakarta International Airport (YIA) sudah memperhitungkan risiko bencana.

Hal itu telah diperhitungkan sejak masa persiapan pembangunan sampai tahap konstruksi fisiknya.

Para pakar dan akademisi serta ahli bidang terkait dari Jepang dilibatkan sejak awal oleh AP I untuk membuat simulasi gempa dan tsunami di bandara baru tersebut.

Dalam realisasi pembangunannya, runway atau landasan pacu YIA dibuat dalam ketinggian bidang 4 meter di atas permukaan laut serta lokasinya berada pada jarak 400 meter dari bibir pantai.

Antisipasi Gempa Bumi, BMKG Pasang Alat Deteksi di Sekitar Kawasan Bandara YIA Kulon Progo

Sedangkan gedung terminal penumpang berada pada jarak lebih jauh dan konstruksinya diklaim telah dirancang untuk mampu bertahan ketika digoyang gempa berkekuatan hingga 8,8 Skala Richter serta tetap kokoh sekalipun diterjang gelombang tsunami setinggi 12 meter.

"Konsepnya (gedung terminal) dirancang tahan gempa maupun tsunami. Kami pastikan penumpang tetap aman melalui berbagai prosedur penyelamatan yang dibuat,"kata Project Manager Pembangunan YIA PT AP I, Taochid Purnama Hadi.

Lantai dua terminal tersebut (saat ini digunakan sebagai boarding lounge untuk operasi terbatas) punya ketinggian 6 meter dari lantai dasar dan dikonsep sebagai tempat evakuasi sementara (TES) untuk penumpang dan komunitas bandara.

Ketika tsunami setinggi 4 meter terjadi, para pengguna jasa penerbangan di lingkungan bandara langsung diarahkan untuk mengamankan diri di lantai dua.

Gedung terminal ini juga dilengkapi dengan konsruksi sacrifice column atau kolom yang dikorbankan ketika tsunami menerjang.

Letaknya ada di sisi terminal namun dalam konstruksi tersendiri.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved