Pemilu 2019

Hari Terakhir Peserta Pemilu Ajukan PHPU

Sembari menunggu hasil dari KPU RI, Nur mengatakan sebenarnya untuk perolehan kursi peserta Pemilu sudah bisa dilihat dan dihitung sendiri.

Hari Terakhir Peserta Pemilu Ajukan PHPU
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 2019 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tenggat waktu dalam mengajukan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) adalah hari ini, Jumat (24/5/2019).

Hal tersebut disampaikan Komisioner Bidang Data dan Informasi KPU Kota Yogyakarta, Siti Nurhayati.

"Namun sampai sekarang (kemarin) belum ada yang mengajukan PHPU. Kalau tidak ada yang mengajukan PHPU, maka penetapan hasil Pemilu di Kota akan dilaksanakan pada 27 Mei. Tapi ini kami masih menunggu," ungkapnya, Kamis (23/5/2019).

Ketua MK Jamin Independensi Hakim Tangani Sengketa Pemilu 2019

KPU Kota Yogyakarta saat ini sedang menunggu keputusan dari KPU RI.

Pasalnya terdapat beberapa daerah yang sedang dalam proses PHPU.

Nur menambahkan bila nantinya di kota ada yang mengajukan PHPU maka akan ada proses berikutnya dan penetapan hasil Pemilu di kota akan mundur.

"Kalau tiba-tiba ada, maka persiapannya KPU DIY akan memberikan bimtek persiapan kelengkapan dokumen untuk PHPU sekitar tgl tanggal 3-4 Juni atau persis sebelum Lebaran," ucapnya.

Pelaku Wisata Minta Suasana Kondusif Pasca Penetapan Pemenang Pemilu 2019

Sembari menunggu hasil dari KPU RI, Nur mengatakan sebenarnya untuk perolehan kursi peserta Pemilu sudah bisa dilihat dan dihitung sendiri.

Namun hasilnya tidak untuk dipublikasikan melainkan menunggu adanya surat perintah dari KPU RI.

"Kalau mencicil sebenarnya bisa, tapi tetap harus menunggu. Kita nggak bisa melangkah sendiri. Ada juknis yang menjadi pegangan kita," urainya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta Tri Agus Inharto mengatakan bahwa memang sampai kemarin belum ada laporan masuk terkait peserta Pemilu yang mengajukan PHPU.

Namun ia menegaskan potensi tersebut akan selalu ada.

"Potensi selalu ada, khususnya soal selisih suara. Tapi ya kita tunggu saja perkembangannya," tutupnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved