Kapolda Temui Langsung Pendemo di Depan Gedung Bawaslu

Irjen Gatot menemui massa yang mengatasnamakan diri sebagai Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) yang berunjuk rasa di depan Gedung Bawaslu

Kapolda Temui Langsung Pendemo di Depan Gedung Bawaslu
KOMPAS.com/VITORIO MANTALEAN
Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan saat bernegosiasi dengan komando massa aksi demo Bawaslu, Selasa (21/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengunjungi lokasi unjuk rasa di depan Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat pada Selasa (21/5/2019) pukul 14.50 WIB.

Irjen Gatot menemui massa yang mengatasnamakan diri sebagai Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR). Tampak pula beberapa pejabat Polda Metro Jaya yang mengiringinya.

Ia berkomunikasi dengan Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan yang sempat terlibat negosiasi dengan komando massa GNKR, Ustaz Bernard, dan Jumhur Hidayat dari atas mobil raisa (pengurai massa) polisi.

Selundupkan Senjata untuk Aksi 22 Mei, Mayjen S dan Praka BP Ditahan

Saat itu, massa mendesak agar bisa mendekat ke Gedung Bawaslu. Namun, ruas jalan di depan Bawaslu telah dibentengi pagar kawat berduri dua lapis. Massa juga memprotes keberadaan pasukan brimob yang dianggap mengepung mereka dari jarak dekat.

"Saudara, izin kita demo di depan Bawaslu. Tempat kita menyatakan pendapat sudah disetujui polisi, harusnya polisi kan kasih kita tempat depan Bawaslu, tetapi pak polisi kok di sini? Mau sama-sama demo sama kita apa bagaimana?" kata Ustaz Bernard dari atas mobil komando massa.

Rekapitulasi KPU Selesai: Jokowi-Ma’ruf Menang di 21 Provinsi, Ini Rincian Suara Pilpres

Setelah satu jam lebih tarik-ulur, akhirnya massa dan Kapolres Jakarta Pusat bersepakat agar melebarkan area aksi.

Pasukan Brimob mundur sehingga massa dapat sedikit melebar menjauhi Gedung Bawaslu dan terkonsentrasi di Jalan Wahid Hasyim.

Untuk diketahui, massa yang mengatasnamakan diri sebagai Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) berunjuk rasa di depan Bawaslu pada Selasa (21/5/2019) siang.

Mereka mendesak agar Bawaslu mendiskualifikasi pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. (Vitorio Mantalean)

.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapolda Metro Jaya Temui Massa Demo yang Mendesak Lebih Dekat ke Bawaslu"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved