Kisah Inspiratif Vero Bikin Tempat Nasi Gratis Jogja, Siapapun Boleh Mengambil

Setelah ditelusuri, rupanya tempat nasi gratis Jogja itu merupakan gerakan sosial yang diinisiasi oleh serorang perempuan muda bernama Veronica

Dok. Veronica CJ
Vero pengagas Tempat Nasi Gratis Jogja 

Kisah Inspiratif Vero Bikin Tempat Nasi Gratis Jogja, Siapapun Boleh Mengambil 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebuah etalase berbentuk lemari kaca mirip tempat berjualan tampak berdiri di pintu keluar YAP Square, Jalan C Simanjuntak, Gondokusuman Kota Yogyakarta.

Diamati lebih dekat, rupanya di etalase itu tertulis "Tempat Nasi Gratis Jogja, Siapapun Boleh Mengambil, Siapapun Boleh Mengisi".

Dari pantauan Tribunjogja.com, terkadang di dalam etalase itu ada tumpukan nasi kotak, kadang nasi bungkus pun kadang kala berisi air mineral.

Setelah ditelusuri, rupanya Tempat Nasi Gratis Jogja itu merupakan gerakan sosial yang diinisiasi oleh serorang perempuan muda bernama Veronica Christamia Juniarmi (28).

Vero pengagas Tempat Nasi Gratis Jogja
Vero pengagas Tempat Nasi Gratis Jogja (Dok. Veronica CJ)

Vero, sapaan akrabnya pun menceritakan awal mula ia mendirikan Tempat Nasi Gratis, atau yang ia sebut Eta.

"Saya terinspirasi dari gerakan Tempat Nasi Gratis di Bandung," jelas perempuan asal Kota Gudeg ini saat berbincang dengan Tribunjogja.com, tempo hari.

Vero awalnya berfikir bagaimana caranya bisa bagi-bagi makanan untuk pengemudi ojek online (ojol) yang kadang wara wiri mengantar makanan pesanan customer, namun mereka belum makan.

Ada juga penjual asongan keliling, tukang becak, yang sering ia jumpai di daerah kuliahnya (Mrican) dan tempat kerjanya (Sagan) kadang belum makan setelah seharian bekerja.

"Tapi saya berfikir yang semua orang bisa kasih gitu. Nah lihat TNG (tempat nasi gratis) di Bandung saya pikir kenapa enggak dibuat di Joga dengan mekanisme yang sama dan tempatnya yang strategis," jelas Vero yang kini sedang melanjutkan kuliah S2 di Kajian Bahasa Inggris Universitas Sanata Dharma.

Kisah Inspiratif Vero Bikin Tempat Nasi Gratis Jogja, Siapapun Boleh Mengambil
Kisah Inspiratif Vero Bikin Tempat Nasi Gratis Jogja, Siapapun Boleh Mengambil (Dok. Veronica CJ)

Sejak tahun lalu, ide itu mulai tercetus dan Vero mulai bergerilya mencari lokasi untuk Eta. "Sudah survei sampai mana-mana dari Gejayan ke utara lagi. Tapi sulit cari tempat yang mau nampung Eta dan ngopeni (menjaga)," bebernya.

Halaman
123
Penulis: Rina Eviana
Editor: Rina Eviana
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved