Kota Yogya

Jembatan Gembira Loka Dibongkar Pekan Depan

Secara konstruksi jembatan tersebut sudah sangat tidak aman untuk dilalui dan keropos, sehingga dilakukan penutupan secara total.

Jembatan Gembira Loka Dibongkar Pekan Depan
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jembatan Gembira Loka sisi selatan akan dibongkar pekan depan.

Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta, Umi Akhsanti mengatakan, pihaknya telah merencanakan pembangunan kembali jembatan Gembiraloka sejak 2017 lalu.

Secara konstruksi jembatan tersebut sudah sangat tidak aman untuk dilalui dan keropos, sehingga dilakukan penutupan secara total.

Mencicipi Bakpia Premium dan Nasi Pedas Ala Kenes Resto & Bakery

Imbasnya seluruh kendaraan terpaksa melewati jembatan sebelah utara, dan beban untuk jembatan tersebut otomatis bertambah.

"Jembatan sudah tua,dan keropos sehingga sudah tidak bisa dilewati. Kemudian kan semua kendaraan beralih ke jembatan sisi utara. Beban untuk jembatan yang jadi bertambah. Dengan dibangunnya jembatan sisi selatan, harapannya bisa mengurangi beban jembatan sisi utara," katanya pada Tribunjogja.com, Minggu (12/5/2019).

Rencananya pihaknya juga akan membongkar jembatan Utara dan membangunnya kembali, mengingat umur konstruksi jembatan yang cukup tua.

Namun karena tidak mungkin menutup jalan total, maka pengerjaan pertama adalah jembatan sisi selatan, satu atau dua tahun kemudian mulai pengerjaan jembatan sisi utara.

Libur Akhir Tahun, Kunjungan Wisatawan ke Gembira Loka Yogyakarta Tembus 20 Ribu Perhari

"Jalur Gembira Loka itu kan jalur utama ya, jadi tidak mungkin untuk menutup jalan. Jadi jembatan selatan dikerjakan dulu, kalau sudah jadi sambil menunggu jembatan siap dan kokoh. Kemudian jembatan Utara yang dikerjakan. Jadi bisa dikerjakan dua-duanya tanpa harus menutup arus," sambungnya.

Untuk melakukan pembongkaran pihaknya mentargetkan satu bulan.

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved