Pemilu 2019

PPP Sleman Klaim Suaranya Hilang

Hujan interupsi mewarnai upaya klarifikasi atas keberatan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang menyebut telah kehilangan 1.508 suara.

PPP Sleman Klaim Suaranya Hilang
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Arie H
KPU Sleman membuka plano karena ada klaim selisih suara 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Proses rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Sleman masih berlanjut hingga Rabu (8/5/2019).

Sebelumnya KPU Sleman  menjadwalkan proses rekapitulasi ini selesai pada tiga hari dari Kamis (2/5/2019) hingga Sabtu (4/5/2019).

Namun dalam perjalanannya, KPU Sleman sempat melakukan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL).

Selain itu yang terbaru adalah keberatan salah satu partai yang suaranya dinilai hilang.

Meski Kena Musibah, Suharso Monoarfa Optimis Suara PPP di DIY Meningkat

Dari pantauan wartawan Tribun Jogja, rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pemilu 2019 di Kabupaten Sleman pada Rabu (8/5/2019) berjalan alot.

Hujan interupsi mewarnai upaya klarifikasi atas keberatan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang menyebut telah kehilangan 1.508 suara.

Ketua DPC PPP Sleman, HM Nasikhin dalam rapat pleno KPU di kantor Bappeda Sleman menyampaikan keberatan pihaknya setelah hasil rekapitulasi di tingkat Kecamatan Depok berbeda ketika dibawa ke tingkat kabupaten. 

"Hasil penghitungan di PPK, di Kecamatan Depok, suara PPP 2.929. Tapi ketika sampai sini (rekapitulasi KPU), suara PPP hilang 1.508 suara. Ini yang harus dicari tahu, apakah salah input data oleh petugas, atau seperti apa," ungkapnya. 

Kembali Molor, KPU Sleman Pastikan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Selesai Hari Ini

Atas dasar itu, pihak KPU Sleman lantas membuka plano kecamatan untuk mencocokan ulang.

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan yang turut hadir dalam rekapitulasi hari itu membenarkan bahwa jika dalam proses rekapitulasi ditemukan kendala maka sesuai Surat Edaran KPU Nomor 796, maka proses perhitungan yang dilakukan KPU Sleman dapat dilanjutkan sampai H-2 dari jatah rekapitulasi provinsi atau hingga 10 Mei.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved