Pemilu 2019

Proses Rekapitulasi Tingkat Kabupaten di Bantul Selesai

Proses rekapitulasi di tingkat kabupaten ini berlangsung sejak 30 April yang lalu.

Proses Rekapitulasi Tingkat Kabupaten di Bantul Selesai
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul F
Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan proses rekapitulasi di tingkat kabupaten telah selesai pada Selasa (7/5/2019) pukul 2.25 dini hari. 

Proses Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Selesai

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul berakhir pada Selasa (7/5/2019) pukul 2.25 dini hari.

Proses rekapitulasi di tingkat kabupaten ini berlangsung sejak 30 April yang lalu.

"Dari estimasi kita empat hari, menambah tiga hari," kata Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho, Selasa (7/5/2019) siang. Molornya proses ini memang salah satunya diakibatkan adanya beberapa PSU dan PSL.

"Otomatis kita menunggu wilayah-wilayah yang melaksanakan PSU dan PSL itu selesai," tuturnya.

Resmi selesai, proses selanjutnya yakni penandatanganan baik berita acara maupun hasil.

Kembali Molor, KPU Sleman Pastikan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Selesai Hari Ini

"Resmi kita tetapkan untuk lima jenis pemilu yang ada di Bantul. Selanjutnya berita acara dan hasil ini kami serahkan ke KPU DIY untuk yang empat jenis pemilihan," jelasnya.

"Untuk yang satu jenis pemilihan kita tetapkan menjadi perolehan suara partai politik di tingkat Kabupaten Bantul untuk DPRD kabupaten. Kemudian empat jenis yang lain ini akan dilaksanakan rekap di tingkat provinsi hari ini," lanjutnya.

Berdasarkan data KPU Bantul, hasil untuk pemilihan presiden dan wakil presiden yakni pasangan calon nomor urut 01 sebanyak 427.755 suara dan pasangan calon nomor urut 02 sebanyak 202.815 suara.

Sementara itu, untuk caleg DPRD DIY dari dapil Kabupaten Bantul yang berpotensi lolos ke tingkat provinsi yakni Amir Syarifudin (PKS) dengan 25.060 suara, Joko B. Purnomo (PDI-P) dengan 24.741 suara, Umaruddin Masdar (PKB) dengan 21.445 suara, Tustiyani (PDI-P) dengan 18.812 suara, Aslam Ridlo (PKB) dengan 18.677 suara, Istriyatun Katir Triatmojo (PDI-P) dengan 17.103 suara, dan Yoeke Indra Agung Laksana (PDI-P) dengan 17.087 suara.

Dari masing-masing jumlah tersebut terdapat selisih sebanyak 224.940 suara.

Sementara itu, untuk penetapan secara nasional akan dilakukan pada 22 Mei mendatang.

"Kita berikan kesempatan pada semua peserta pemilu untuk melakukan gugatan tiga hari setelah penetapan, yakni tanggal 23, 24, 25 Mei. Kalau sampai tanggal 25 tidak ada gugatan, langsung kita lakukan penetapan calon terpilih," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: amg
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved