Pendidikan

Micromine Competition, Asah Kemampuan Mahasiswa Merancang Tambang

Kompetisi telah berjalan lima hari sejak 29 April lalu dan Sabtu (4/5/2019) menjadi hari terakhir pelaksanaan.

Micromine Competition, Asah Kemampuan Mahasiswa Merancang Tambang
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Sejumlah mahasiswa dari beberapa universitas di Indonesia saat mengikuti Micromine Competition sebagai bagian dari Youth Mining Camp Competition di Kampus UPN Veteran Yogyakarta, Jumat (3/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Youth Mining Camp Competition sukses digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional (HMTA UPN) Veteran, Yogyakarta.

Kompetisi telah berjalan lima hari sejak 29 April lalu dan Sabtu (4/5/2019) menjadi hari terakhir pelaksanaan.

Jika hari-hari sebelumnya para peserta banyak melakukan kegiatan lomba di luar ruangan, satu di antaranya ketika melakukan camp di Desa Wisata Tinalah, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, maka pada Jumat (3/5/2019) kemarin materi kompetisi lebih banyak dilakukan di kampus UPN Veteran Yogyakarta.

Hijab Tak Boleh Jadi Halangan Berprestasi

Diantaranya kompetisi debat dan Micromine Competition.

Dua kompetisi ini, masing-masing digelar di ruangan berbeda Gedung Arie Frederik Lasut C Program Studi Teknik Pertambangan UPN Veteran.

Tak kalah dengan materi kompetisi sebelumnya, para peserta juga tampak antusias mengikuti dua lomba ini.

“Berawal dari keinginan PT Micromine Indonesia yang ingin mengadakan kompetisi micromine se-Indonesia. Mereka bekerjasama dengan Ikatan Alumni Tambang (IKATA). Lalu muncul ide untuk memasukkan kompetisi micromine ini,” kata Ramadhana Adi Rusyada, Ketua Panitia Youth Mining Camp Competition.

Rangkaian kompetisi micromine dimulai Februari lalu dengan mengundang sejumlah dosen dan mahasiswa dari seluruh universitas tanah air yang telah memiliki lisensi micromine diantaranya UPN, Univeritas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Syiah Kuala Aceh.

HMTA UPN Veteran Kembali Gelar Youth Mining Camp Competition

Setelah disepakati adanya kompetisi, masing-masing universitas kemudian mendaftarkan tim masing-masing.

Satu tim terdiri dari dua orang dengan komposisi angkatan dan jurusan bebas sesuai bidang tambang dan geologi. Setelah proses pendaftaran dan mendapat materi soal, didapat 6 tim terbaik.

Halaman
12
Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved