Pendidikan

4.483 Peserta Menari Bersama dalam UNY nJATHIL #1

Dengan kegiatan yang dihadirkan pada hari ini, diharapkan bisa membangkitkan kembali nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda Indonesia.

4.483 Peserta Menari Bersama dalam UNY nJATHIL #1
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Rektor UNY saat nJATHIL bersama seluruh civitas akademika UNY dan peserta dari luar UNY dalam even UNY nJATHIL#1, yang diselenggarakan pada Kamis (2/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Ada yang berbeda dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sekaligus Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tahun ini, kali ini para civitas akademika, mulai dari mahasiswa, dosen, kepala jurusan, dekan sampai dengan Rektor UNY sedari pagi berkumpul di Lapangan Hoki UNY pada Kamis (2/5/2019).

Menariknya, semua yang hadir bukan memakai baju dinas layaknya pada peringatan Hardiknas pada umumnya, mereka datang menggunakan pakaian Jathilan sekaligus membawa kuda kepang dan berdandan lengkap layaknya penari Jathilan.

Dari pantauan Tribunjogja.com, sekitar pukul 08.30 WIB, selepas memimpin upacara Hardiknas, Rektor UNY Sutrisna Wibawa mulai mempersiapkan diri mengambil peralatan Jathilannya.

Sewindu Tribun Jogja, Bertekad Jadi Media Rujukan dalam Era Revolusi Industri 4.0

Ya, dia akan bergabung dengan seluruh peserta yang sudah hadir untuk memecahkan rekor Muri ke 8995, berkenaan dengan Aksi Jathilan terbanyak yang bertepatan dengan Peringatan Dies Natalis UNY ke 55.

Iringan musik pun dimulai, ketika itu juga Sutrisna, yang juga merupakan Guru Besar Bahasa Jawa ini bergabung dengan 100 mahasiswanya, melakukan display Jathilan di tengah-tengah peserta sebagai pengantar inti kegiatan.

Aksi Sutrisna cukup menyita perhatian seluruh peserta yang hadir, pasalnya Rektor satu ini selalu tidak ingin kalah muda dengan mahasiswanya, di mana sebelumnya dia juga sempat nge-rap saat konser dengan bayaran IPK yang diselenggarakan malam sebelumnya.

Dengan sangat menggelora Sutrisna menari kesana kemari, mengikuti alunan musik dan diiringi mahasiswanya di belakang.

Selang beberapa menit, setelah display selesai suasana bertambah riuh, yang mana saat itulah semua peserta juga akan ikut menari Jathilan selama kurang lebih 3 menit.

Kuswarsantyo, Doktor Jathilan UNY sekaligus Ketua Panitia mengungkapkan, perlu waktu 1,5 bulan untuk mempersiapkan kegiatan yang dinamakan UNY nJATHIL #1 ini, dimana pihaknya secara khusus membentuk tim yang disebar ke setiap fakultas dan unit untuk melatih menari Jathilan di setiap hari Jumat.

Kembali Dapat Piagam, UNY Sudah Pecahkan 6 Rekor Muri

Untuk koreografi sendiri, dia melakukan aransemen dengan mengembangkan tradisi Jathilan semi senam, sehingga terbentuk Jathilan Kreasi Baru yang tariannya cukup mudah dilakukan para peserta.

Halaman
123
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved