Pemilu 2019

PKS Pertahankan 1 Kursi Senayan dari Dapil DIY

Satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) DIY berhasil dipertahankan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) kali ini.

PKS Pertahankan 1 Kursi Senayan dari Dapil DIY
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 2019 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) DIY berhasil dipertahankan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) kali ini.

Ardianto, Humas DPW PKS DIY mengatakan jika memang saat ini proses perhitungan masih berjalan, namun menurut perhitungan sementara dari saksi yang ditempatkan di TPS maupun di Kecamatan, PKS berhasil mempertahankan 1 kursinya di Senayan.

Meskipun diprediksi sudah ada 1 kursi, untuk nama caleg yang akan lolos masih dalam penggodokan.

"Dari hitungan sementara, kita dapat 1 kursi. Namun untuk nama caleg yang akan lolos kita belum rilis. Memang untuk namanya kita tahu secara internal dan belum bisa dipublikasikan," ungkapnya, Kamis (25/4/2019).

Beda dengan Prabowo PKS Percaya Hasil Hitung Cepat, Ini Alasannya

Ardianto menyebutkan untuk DPRD Provinsi sendiri, PKS berhasil mendapatkan 7 kursi dengan rincian di Sleman 2 kursi, Bantul 2 kursi, Gunungkidul 1 kursi, Kulonprogo 1 kursi dan Kota Yogyakarta 1 kursi.

Sedangkan untuk DPRD Kota Yogyakarta, PKS berhasil mendapatkan 1 kursi di masing-masing dapil.

Begitupun untuk Sleman, dan Kulonprogo.

"Kota Yogyakarta setiap dapil 1, ada 5 dapil dapat 5 kursi.Sleman masing-masing 1, ada 6 dapil. Kulonprogo setiap dapil juga 1, ada 5 dapil. Untuk Batuk dan Gunungkidul belum dapat informasi. Kan masih ada beberapa TPS yang harus Pemungutan Suara Ulang (PSU)," ungkapnya.

Meskipun demikian, Ardianto belum masih menunggu perhitungan secara resmi dari KPU.

Namun menurutnya, suara PKS pada pemilu kali ini mengalami peningkatan sebesar 3-4%.

Fahri Hamzah Ragukan PKS Bisa Lolos ke DPR

"Untuk final, sesuai dengan jenjangnya, untuk Kabupaten kota finalnya di KPU Kabupaten/KKota.Untuk penetapan yang DPRD Provinsi di KPU Provinsi. Yang DPR RI penetapan di KPU Pusat. Namun, perolehan suara secara umum meningkat, seumpama di Kota yang provinsi dari 18 ribu sekarang diangka 26 ribu suara. Jadi secara umum kita ada peningkatan. Peningkatan sekitar 3-4%. Yang pusat, kita tembus lebih dari 200 ribu dari sebelumnya 147 ribu. Peningkatan cukup signifikan," terangnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved