Pemilu 2019

Bawaslu Sleman Temukan Banyak Kesalahan Input Data Perhitungan Suara

Bawaslu Sleman temukan banyak kesalahan input data dalam penghitungan surat suara

Bawaslu Sleman Temukan Banyak Kesalahan Input Data Perhitungan Suara
dok.RRI
Surat suara pada Pemilu 2019 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Bawaslu Sleman temukan banyak kesalahan input data dalam penghitungan surat suara. Jika ditemukan kesalahan tersebut, maka harus dilakukan proses penghitungan suara ulang.

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ikhsan Siregar saat ini proses rekapitulasi suara tengah berlangsung.

Proses panjang itu telah dimulai sejak di tingkat TPS hingga kini di kecamatan. Tiap proses penghitungan dan input data selalu menyertakan saksi pengawas pemilu dan jajarannya.

Dalam pantauannya, masih banyak ditemukan kesalahan penghitungan suara atau selisih di beberapa kecamatan.

Selisih yang dimaksud adalah adanya perbedaan jumlah pemilih yang mencoblos dibandingkan jumlah suara yang berhasil dihitung.

Keliru Input Data C1 di Magelang, Suara Jokowi Bertambah 1.000 lebih

"Di beberapa kasus kita menemukan itu. Jadi ada beberapa selisih. Di cari-cari tidak ketemu di mana ini selisihnya. Kemudian disepakati dalam rapat rekapitulasi untuk penghitungan ulang," paparnya Kamis (25/4/2019).

Menurut Arjuna, timbulnya selisih ini dikarenakan tidak pahamnya KPPS saat menginput angka. Misalnya ketika ada pemilih mencoblos caleg, petugas menghitungnya dengan menambahkan satu suara ke caleg, termasuk satu untuk partai. Adapula kasus pemilih mencoblos caleg, tapi dimasukkan ke suara partai.

"Jadi misalnya orang memilih caleg A dari partai A. Ketika diinput, calegnya dapat satu, partainya dapat satu. Kalau misalnya caleg itu dapat 23 suara, partainya juga dapat 23 suara, jadi malah dua kali lipat. Di beberapa kecamatan ditemukan seperti itu. Jadi akhirnya dilakukan proses penghitungan ulang dan dibetulkan," terangnya.

Ia menekankan bahwa hal itu hanyalah kesalahan input data dari KPPS dan bukan kecurangan atau penggelembungan suara.(tribunjogja I Santo Ari)

Penulis: nto
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved