ADVERTORIAL

Bank BPD DIY Gandeng 56 BPR/BPRS

Lewat kerjasama tersebut, Bank BPD DIY akan berperan sebagi bank pengayom terhadap 56 BPR dan BPRS yang tergabung dalam Perbarindo DIY.

Bank BPD DIY Gandeng 56 BPR/BPRS
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Penandatanganan nota kesepahaman antara Bank BPD DIY dengan Perbarindo DIY tentang kerjasama penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan dalam rangka Apex BPR, Selasa (23/4/2019) di Royal Ambarukmo Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM - PT Bank BPD DIY melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat (Perbarindo) DIY tentang kerjasama penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan dalam rangka Apex BPR, Selasa (23/4/2019) di Royal Ambarukmo Yogyakarta.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, lewat kerjasama tersebut, Bank BPD DIY akan berperan sebagi bank pengayom terhadap 56 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) yang tergabung dalam Perbarindo DIY.

Direktur Utama PT Bank BPD DIY, Santoso Rohmad menyampaikan, pihaknya juga berperan dalam pemenuhan likuiditas kepada BPR dan BPRS dalam operasionalnya.

Urutan Make Up yang Benar Bagi Pemula

"Tujuannya yang pertama itu untuk efisiensi operasional, peningkatan daya saing, dan kemudian peningkatan kemampuan teknologi dari BPR dan BPRS," kata Santoso.

Ia menambahkan, dipilihnya strategi ini karena Pemerintah Daerah (Pemda) ingin menjaga pertumbuhan ekonomi wilayah setempat agar berkembang di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional, dengan demikian BPD DIY sebagai bank milik daerah ingin ikut berperan.

"Tentunya kalau BPD kan tidak mungkin bisa melayani semua segmen, makanya kita ajak BPR untuk ikut," ujarnya.

Santoso menyebut, dengan berbagai pembangunan infrastruktur dan sejumlah rencana pembangunan lain di wilayah DIY, sektor ekonomi utamanya perbankan diharapkan bisa memberikan kontribusi guna menambah pertumbuhan ekonomi dari segi investasi.

"UMKM kan juga harus tumbuh, kalau tidak begitu proyek selesai tidak akan bisa bertahan. Itu lah maksudnya dari sisi strategis kita upayakan untuk angkat bersama, baik dari yang kecil, menengah, maupun besar," urainya.

Wujudkan Apex Bank, BPD DIY Teken Nota Kesepahaman dengan BPR

Ketua Perbarindo DIY, Ascar Setiyono mengungkapkan, satu di antara fungsi dari kerjasama ini yakni BPD DIY akan berperan sebagai penempatan (alokasi) dana (pooling fund) yang akan mengumpulkan dana dari sejumlah BPR dan nantinya akan dapat digunakan kembali oleh BPR sebagai kebutuhan dana jangka pendek dan mendesak.

"Mekanismenya tentu saja nanti akan kita atur lagi lebih lanjut," kata Ascar.

Disamping itu, BPR maupun BPRS nantinya juga akan dapat mengakses teknologi dan produk layanan dari BPD DIY.

"Kemudian juga ada namanya technical asisten yang sifatnya pendampingan untuk memberdayakan SDM di BPR misalnya dengan pelatihan dan juga finansial asisten yang berperan bantuan dana kepada BPR yang ada di Jogja," pungkasnya. (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved