Bisnis

Wujudkan Apex Bank, BPD DIY Teken Nota Kesepahaman dengan BPR

Nota kesepahaman ini menjawab sengitnya persaingan pasar mikro dalam perbankan umum dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Wujudkan Apex Bank, BPD DIY Teken Nota Kesepahaman dengan BPR
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Direktur Utama BPD DIY, Santoso Rohmad dan Ketua Perbarindo DIY, Ascar Setiyono (berjabat tangan) usai menandatangani nota kesepahaman kerjasama dalam rangka Apex Bank di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Selasa (23/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bank milik pemerintah daerah, BPD DIY meneken nota kesepahaman bersama BPR-BPR yang tergabung dalam Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Daerah Istimewa Yogyakarta di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Selasa (23/4/2019).

Nota kesepahaman ini menjawab sengitnya persaingan pasar mikro dalam perbankan umum dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Persaingan bank umum dengan BPR bukan tak mungkin akan memengaruhi iklim usaha bagi BPR.

Urutan Make Up yang Benar Bagi Pemula

Minimnya permodalan ditambah terbatasnya ruang gerak bisnis BPR membuat pasar milik BPR tergerus jika bank umum masuk dan menggarap sektor tersebut.

Oleh karenanya, guna menjaga iklim persaingan bisnis antara bank umum dengan BPR, Bank BPD DIY membuat nota kesepahaman bersama BPR-BPR yang ada di DIY untuk bekerjasama mewujudkan Apex BPR.

Santoso Rohmad, Direktur Utama Bank BPD DIY mengatakan kerjasama ini menjadi bukti peran bank daerah dalam melindungi atau mengayomi jalan bisnis dari Bank Perkreditan Rakyat yang ada di DIY.

Selain itu turut membantu menyalurkan akses layanan keuangan bagi masyarakat melalui BPR yang langsung bersinggungan dengan sektor mikro bahkan super mikro.

"Sekitar 56 BPR yang tergabung dalam Perbarindo DIY nantinya akan bersinergi dengan BPD DIY sebagai apex bank yaitu bank pengayom baik untuk persediaan atau pemanfaatan layanan perbankan," kata Santoso kepada wartawan.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, kerjasama keduanya ini akan dilaksanakan dalam bentuk pooling of fund, financial assistance serta technical assistance.

Bank BPD DIY Berharap Dapat Terus Meningkatkan Kerjasama dengan Tribun Jogja

Bank BPD DIY akan mendukung lewat peningkatan infrastruktur.

Halaman
123
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved