Pendidikan

Sekolah Vokasi UGM Akan Buka Program D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan Tahun Ini

Tahun ini, Sekolah Vokasi UGM berencana untuk membuka Program Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ).

Sekolah Vokasi UGM Akan Buka Program D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan Tahun Ini
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Dekan Sekolah Vokasi UGM , Wikan Sakarinto 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Tahun ini, Sekolah Vokasi UGM berencana untuk membuka Program Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ).

Dekan Sekolah Vokasi UGM , Wikan Sakarinto menyampaikan, tahun ini Sekolah Vokasi UGM tidak lagi menerima mahasiswa jenjang D3.

"Semua kita naikkan menjadi mahasiswa Sarjana Terapan (D4) itu salah satunya kita naikkan D3 Teknik Sipil menjadi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ)," katanya pada Tribunjogja.com, Sabtu (9/3/2019).

Baca: Uniknya Citarasa Choi Pan di Yamie Singkawang Yogyakarta

Lanjut Wikan, kalau negara ingin maju, satu dari beberapa leading sector itu pada infrastruktur.

Infrastruktur, kata Wikan sangat sarat dengan jalan dan jembatan.

Program Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ) ini diharapkan dapat menghasilkan insinyur sarjana terapan yang mampu merancang, mendukung program pemerintah dalam membangun infrastruktur sekaligus memelihara infrastruktur.

Dikatakan Wikan, Program Sarjana Terapan nanti lebih banyak praktiknya, sehingga lebih cepat dalam membangun infrastruktur, lebih efisien dan berkualitas.

Baca: Berdayakan Pedagang Sayur Tradisional, Mahasiswa UGM Kembangkan Aplikasi OkeSayur

"Bukan berarti Mahasiswa S1 yang sudah ada itu kurang, tidak, tapi lebih pada kekuatan analitis. Yang memperkuat sisi praktik, pelaksanaan itu lulusan sarjana terapan," lanjutnya.

Lanjut Wikan, apabila infrastruktur masih menjadi aspek utama, maka diperlukan Sumber Daya Manusia untuk merancang, membangun sampai mengoperasikan dan merawat infrastruktur tersebut, sehingga SDM itu akan lebih siap.

"Untuk mendesain Program Sarjana Terapan (D4) TRKJJ, kita harus mengajak user industri untuk duduk bersama kurikulum kita sudah cocok belum, kalau belum sesuai maka kita terus perbarui sampai kurikulum disepakati. Di Indonesia, ada tiga politeknik yang mempunyai prodi jalan jembatan," ujarnya.

Baca: FKKMK UGM Menjadi FAIMER Regional Institute Pertama di Asia Tenggara

Sementara itu, Suwardo selaku Ketua Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM menambahkan, Program Sarjana Terapan (D4) TRKJJ ini guna mendorong kebutuhan serapan tenaga Sarjana Terapan Teknik terutama bidang Teknik Sipil yang bidang khususnya adalah jalan dan jembatan.

Lanjutnya, pembangunan infrastruktur menjadi tuntunan, sehingga perlu dibarengi SDM yang baik.

"Tahun ini Sekolah Vokasi UGM akan membuka prodi dan masih dalam proses sesuai prosedur yang ada melibatkan Kemenristekdikti. Rencananya tahun ini kita akan membuka satu kelas Program Sarjana Terapan (D4) TRKJJ yang terdiri dari 60 mahasiswa," kata Suwardo. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved