Dorong Kebutuhan Tenaga Sarjana Terapan, SV UGM Akan Buka Program D4

Workshop ini untuk menjaring semua masukan dari stakeholder maupun perusahaan.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Sekolah Vokasi (SV) UGM menggelar workshop studi kelayakan pendirian Program Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sekolah Vokasi (SV) UGM berencana membuka Program Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ) pada tahun ini.

Guna melihat studi kelayakan apakah program sarjana terapan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan di lapangan, SV UGM menggelar workshop pada Sabtu (9/3/2019)

Teguh Sudibyo, Ketua Workshop yang juga Dosen SV UGM mengatakan workshop ini untuk menjaring semua masukan dari stakeholder maupun perusahaan.

"Sebenarnya ini proses, ketika kita mendirikan prodi ini kita membutuhkan proses apakah ini benar-benar dibutuhkan. kemudian membuat kurikulum yang benar-benar dibutuhkan di lapangan," katanya.

Sebagai pendidikan vokasional, kata Teguh aspek praktik lebih diutamakan dibandingkan aspek teoritis.

Sehingga diharapkan produk dari alumni Program Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ) ini secara profesional dapat diterima oleh masyarakat industri jasa.

"Salah satu unggulan yang bisa kita masukkan dalam prodi adalah Building Information Modeling (BIM) di mana konsep baru dalam dunia industri ketika kita mendesain tidak hanya sifatnya dimensional, dalam satu data kita bisa mempunyai banyak data secara pasif seperti 3D modeling, data mengenai material," jelasnya.

Lanjut dia, BIM ini diharapkan menjadi unggulan atau centee of excellence Program Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ) yang ada di Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM.

Sementara itu, Suwardo selaku Ketua Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM menambahkan, Program Sarjana Terapan (D4) TRKJJ ini guna mendorong kebutuhan serapan tenaga Sarjana Terapan Teknik terutama bidang Teknik Sipil yang bidang khususnya adalah jalan dan jembatan.

Lanjutnya, pembangunan infrastruktur menjadi tuntunan, sehingga perlu dibarengi SDM yang baik.

"Tahun ini Sekolah Vokasi UGM akan membuka prodi dan masih dalam proses sesuai prosedur yang ada melibatkan Kemenristekdikti. Rencananya tahun ini kita akan membuka satu kelas Program Sarjana Terapan (D4) TRKJJ yang terdiri dari 60 mahasiswa," kata Suwardo. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved