Aktivitas Merapi

BPPTKG Sebut Aktivitas Guguran Awan Panas Merapi Masih Tergolong Kecil

Aktivitas Gunung Merapi tergolong kecil karena suplai magma dari dalam masih rendah sehingga belum mengakibatkan guguran yang cukup besar dan jauh.

BPPTKG Sebut Aktivitas Guguran Awan Panas Merapi Masih Tergolong Kecil
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Hanik Humaida Kepala BPPTKG Yogyakarta saat ditemui media di depan ruang monitoring, Senin (25/2/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida menegaskan bahwa aktivitas Gunung Merapi pada Senin (25/2/2019) masih tergolong kecil.

Hanik menilai, aktivitas ini masih belum menimbulkan dampak siginifikan baik kepada aktivitas Gunung Merapi maupun aktivitas masyarakat disekitar lereng.

"Masih tergolong kecil, karena (guguran) ini di bawah 3 kilometer," kata Hanik saat ditemui media di kantornya, Senin (25/2/2019) sore.

Hanik menjelaskan aktivitas Gunung Merapi saat ini tergolong kecil karena memang suplai magma dari dalam masih rendah sehingga belum mengakibatkan guguran yang cukup besar dan jauh.

Baca: PBTY Telah Usai, Capaian Tertinggi Masuk Wonderful Indonesia

Akibat dari guguran lava dan awan panas tersebut, BPPTKG sebelumnya memberikan informasi perihal potensi menimbulkan hujan abu disekitar lereng.

Hanik membeberkan berdasarkan informasi dan arah angin, hujan abu, kata Hanik, mengarah ke daerah Dukun, Kabupaten Magelang.

"Hujan abu tapi tipis, mengarah ke barat, barat laut dan utara," terangnya.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, sebelumnya, Gunung Merapi mengeluarkan guguran awan panas dan lava pada Senin (25/2/2019) siang tepatnya pukul 11.24 WIB.

Baca: BREAKING NEWS : Siang ini, Merapi Luncurkan Awan Panas ke Kali Gendol dengan Jarak Luncur 1,1 KM

Hingga saat ini, Hanik menegaskan status Gunung Merapi masih berada di level II atau Waspada.

Rekomendasi dan himbauan masyarakat juga belum ada perubahan.

Kepada masyarakat pihaknya menghimbau untuk selalu tenang dan tak terprovokasi oleh info-info yang belum tentu kebenarannya.

Masyarakat diharapkan tetap mengikuti instruksi dan arahan dari petugas yang berwenang untuk menangani aktivitas Gunung Merapi. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved