Kesehatan

Bacon dan Alkohol Picu Kanker pada Perut

pria dua kali lebih mungkin untuk mengidap kanker perut daripada wanita dan lebih mungkin menyerang pada orang usia dewasa.

Bacon dan Alkohol Picu Kanker pada Perut
nypost.com
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Bagi kamu penggemar daging olahan, sebaiknya mulai mengurangi mengonsumsinya.

Karena, menurut sebuah penelitian dari World Cancer Research Fund (WCRF), orang yang mengonsumsi 50 gram daging olahan per hari memiliki peningkatan risiko kanker pada perut.

Penelitian ini menyatakan mereka yang minum lebih dari tiga gelas minuman beralkohol sehari juga mengalami risiko yang sama.

Penelitian ini mendefinisikan daging olahan sebagai daging yang sudah diawetkan dengan cara diasap atau ditambahkan bahan pengawet.

Baca: Lebih Dekat dengan Rizki Rahma Nurwahyuni, Dalang Cantik dari Yogyakarta

Contohnya termasuk daging ham, bacon, pastrami, daging asap, hot dog dan sosis.

Para ahli juga membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang diawetkan seperti sayuran acar dalam kaleng atau ikan kering juga memiliki risiko terkena kanker perut.

Menurut Cancer Research UK, pria dua kali lebih mungkin untuk mengidap kanker perut daripada wanita dan lebih mungkin menyerang pada orang usia dewasa.

Baca: Mitos dan Fakta Seputar Kanker Darah Menurut Ahli Hematologi

Dr Rachel Thompson, kepala penelitian di WCRF mengatakan, "Bukti baru ini memberi kita gambaran yang lebih jelas. Meminum alkohol, memakan daging olahan, dan kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko pada kanker perut yang menyerang lambung.”

Menurut tim penelitian, temuan ini diharapkan akan membantu orang lebih memahami risiko yang ditimbulkan dari mengonsumsi alkohol ataupun daging olahan, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang bijak tentang gaya hidup pilihan mereka.

Artikel ini telah tayang di Intisari dengan judul Daging Olahan Seperti Bacon dan Alkohol Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Pada Perut.(*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved