Gunungkidul

Disdikpora Gunungkidul Siapkan Simulasi UNBK

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul siapkan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Disdikpora Gunungkidul Siapkan Simulasi UNBK
internet
ilustrasi UNBK 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul siapkan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hal ini dilakukan karena selain siswa siap dalam menghadapi ujian hal tersebut, juga untuk memperkenalkan siswa terhadap perangkat yang digunakan saat ujian.

Hal tersebut dikemukakan oleh kepala disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid, Rabu (20/2/2019).

Baca: UNBK SMA di DIY Dilaksanakan Bervariasi, Mulai Satu Hingga Tiga Sesi

"Sedikitnya ada enam simulasi yang akan digelar untuk memberikan pelatihan pada para siswa agar dapat nilai yang maksimal," katanya.

Tak hanya menyiapkan UNBK disdikpora juga melengkapi sarana dan prasarana untuk ujian dan juga memberikan tambahan jam pelajaran kepada siswa.

Pihaknya telah menggelar simulasi sebanyak 3 kali dan dua simulasi lagi akan digelar pada minggu depan.

"Satunya lagi akan dilakukan sebelum UNBK dimulai, harapannya dengan dilakukan simulasi siswa lebih siap dalam menghadapi UNBK. Sehingga dapat mengerjakan soal dan hasilnya maksimal," katanya.

Baca: Dewan Pendidikan DIY Nilai UNBK 2 Sesi Akan Lebih Efektif

Untuk sarana dan prasarana pihaknya akan melakukan pengadaan sebanyak 700 komputer untuk didistribusikan kepada sekolah sehingga dapat memperlancar UNBK setelah pengadaan selesai akan segera didistribusikan kepada sekolah-sekolah.

"Untuk pengadaan saat ini masih dalam proses," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Karangmojo, Suhartati menuturkan untuk persiapan insfrastruktur kepentingan UNBK tidak ada masalah dan sarana dan prasarana saat ini sudah memadai.

Baca: Kabupaten Gunungkidul Tahun Depan Targetkan Nilai A pada SAKIP

Saat ini pihaknya memfokuskan persiapan kepada para peserta didik dengan melakukan pembekalan untuk menghadapi UNBK dengan melakuakn les, dan belajar dengan cara tutorial dengan teman sebaya.

"Materi yang diberikan tidak jauh-jauh dari materi UNBKsaya berharap dengan ditambahnya pelajaran peserta didik dapat mengerjakan soal dan dapat meraih nilai yang baik," tutupnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved