Breaking News:

Kota Yogya

KPU Kota Yogya Bentuk A5 Corner di Kampus dan Kecamatan

KPU Kota Yogyakarta membuka A5 Corner di 28 titik di universitas di Kota Yogyakarta, seperti UII, UAD, Janabadra, APMD, dan lain-lain.

Ist
logo KPU 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta melakukan berbagai upaya supaya masyarakat luar Kota Yogyakarta segera mengisi formulir pindah memilih atau formulir A5.

Komisioner KPU Kota Yogyakarta, Siti Nurhayati mengungkapkan meski sudah melakukan berbagai upaya, namun masih belum banyak masyarakat luar Kota Yogyakarta yang mengisi A5.

Menurut catatan KPU Kota Yogyakarta, baru 35 warga yang mengisi form tersebut.

"Sampai kemarin baru 35 yang mengisi form A5, padahal pada tahun 2014 lalu ada sekitar 2.000an lebih. Kalau sekarang masih 35 kan berarti masih kurang banyak sekali. Bahkan tahun ini malah bisa lebih dari 2014 kemarin," katanya pada Tribunjogja.com, Kamis (24/1/2019).

Untuk itu, KPU Kota Yogyakarta membuka A5 Corner di 28 titik di universitas di Kota Yogyakarta, seperti UII, UAD, Janabadra, APMD, dan lain-lain.

Melalui A5 Corner tersebut, mahasiswa tidak perlu bersusah payah untuk mengakses form A5 tersebut.

Rencananya A5 Corner akan melayani dari hari Senin hingga Kamis, setiap pukul 09.00 hingga 15.00.

"Kami sudah komunikasi dengan pihak dekanat dan BEM. Belum semua menyerahkan jadwal, tetapi Minggu ini kami akan fix kan, supaya kami bisa segera melayani," lanjutnya.

"Mungkin ada masyarakat yang malu kalau ke kampus karena bukan mahasiswa, bisa juga datang ke kecamatan. Kami juga buka A5 Corner di 14 kecamatan di Kota Yogyakarta. Kami juga buka di kantor KPU Kota Yogyakarta. Silahkan masyarakat bisa memanfaatkan," sambungnya.

Melalui A5 Corner tersebut, ia berharap agar pelayanan bisa lebih maksimal.

Berkaca dari tahun sebelumnya, masyarakat mulai datang ke KPU Kota Yogyakarta, dua minggu sebelum masa pengumpulan berakhir.

Untuk prosedur, tambahnya pemilih hanya perlu memastikan bahwa namanya terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Untuk pengecekan bisa melalui lindungi hak pilihnya melalui www.kpu.go.id. jika sudah terdaftar pemilih hanya perlu membawa identitas kependudukan saja.

"Secara prosedur dia harus kembali ke tempat asal untuk mengurus keterangan pindah memilih. KPU Kota Yogyakarta sebagai KPU tujuan. Jika tidak bisa, KPU tujuan berperan untuk memfasilitasi. Tetapi syaratnya harus terdaftar dulu di DPT, kalau tidak ya tidak bisa," tambahnya. (*)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved