Yogyakarta

BMKG: Januari 2019 Puncak Musim Penghujan di DIY

BMKG: Januari 2019 Puncak Musim Penghujan di DIY. Intensitas Curah HUjan Berkisaran 301-500 Milimeter/Bulan.

BMKG: Januari 2019 Puncak Musim Penghujan di DIY
Istimewa
Prakiraan cuaca Desember mendatang oleh BMKG DIY. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Djoko Budiono menyampaikan, pada bulan Desember mendatang seluruh wilayah di DIY dipastikan sudah akan memasuki musim penghujan.

Hujan bulanan tersebut, diungkapkan Djoko berkisaran pada 301 - 500 mm/bulan yang mana kondisi itu mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya yang berada pada kisaran 100-200mm/bulan.

"Khusus untuk Bantul bagian timur dan Gunungkidul bagian barat daya, jumlah curah hujan bulanan hanya berkisar antara 201-300 mm/bulan masuk dalam kategori sedang," jelas dia, Rabu (28/11/2018) malam.

Baca: Intensitas Hujan Tinggi, BPBD DIY Ingatkan Masyarakat Waspadai Bencana Longsor dan Banjir

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, intensitas dan frekuensi hujan tersebut akan terus mengalami peningkatan dari bulan ke bulan.

"Diprediksi puncak musim hujan akan terjadi pada Januari 2019 awal," tambah dia.

Dengan meningkatnya intensitas hujan hingga dua bulan kedepan, Djoko mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, pohon tumbang, bahaya petir, dan lain sebagainya.

"Petani juga dianjurkan untuk mempersiapkan pola tanam yang sesuai dengan iklim musim penghujan karena ketersediaan air yang cukup," ucapnya. (tribunjogja)

Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved