Ketimbang Korupsi Berjamaah, Mending Kompak Jujur Bareng Lewat Kantin Kejujuran di Sekolah

Terbaru, Kejari Wates menginisiasi dibentuknya kantin kejujuran di SMPN 3 Sentolo, Desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo,

Ketimbang Korupsi Berjamaah, Mending Kompak Jujur Bareng Lewat Kantin Kejujuran di Sekolah
tribunjogja.com/ing
Siswa tengah membeli jajanan di kantin kejujuran di SMPN 3 Sentolo, Desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo, Kamis (27/9/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Penangkalan kenakalan remaja hingga tindak korupsi berawal dari kantin. Di kantin, semua ditantang untuk bersikap jujur pada diri sendiri.

Berita seputar kasus korupsi berjamaah oleh legislator di Malang seakan menunjukkan betapa menipisnya sikap jujur dan watak Pancasilais di kalangan pemimpin maupun pemuda negeri ini.

Kondisi itu tentu sangat disayangkan karena berkaitan dengan masa depan bangsa.

Perlu penggencaran upaya penanaman sikap kejujuran sejak dini untuk membentuk karakter manusia Indonesia yang bernafaskan nilai luhur Pancasila. Ketimbang kompak korupsi, tentu lebih baik jujur berjamaah.

Baca: Formasi CPNS Kabupaten Kulon Progo 2018, Total Tersedia 383 Formasi

Hal itu pula yang kini tengah dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Wates bersama Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Forum CSR (Corporate Social Responibility) setempat dan kalangan pendidikan.

Langkahnya terbilang cukup sederhana namun mengena; membentuk kantin kejujuran di sekolah-sekolah.

Terbaru, Kejari Wates menginisiasi dibentuknya kantin kejujuran di SMPN 3 Sentolo, Desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo, Kamis (27/9/2018).

Kantin berkonsep serupa sebelumnya sudah lebih dulu dibentuk di SMPN 1 Wates dan SMPN Galur.

Di kantin ini, siswa diajarkan untuk berbuat jujur kepada dirinya sendiri dengan membayar tepat sesuai harga jajanan atau peralatan belajar yang dibeli.

Serta, mengambil uang kembaliannya sendiri dari kotak yang telah disediakan dengan tepat nilai. Kantin dikonsep semi terbuka sehingga ada nilai transparansi yang bisa diajarkan.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: ose
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved