Kulonprogo

Bawaslu Kabulkan Permohonan Sengketa, Bacaleg Golkar dan Berkarya Melenggang Lagi

Sejauh ini, Bawaslu sudah mengabulkan permohonan dari empat parpol untuk 6 bacaleg yang dicoret KPU dari DCS Pemilu 2019.

Bawaslu Kabulkan Permohonan Sengketa, Bacaleg Golkar dan Berkarya Melenggang Lagi
Ist
Ilustrasi

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Partai Berkarya dan Partai Golkar kini bisa menghela napas lega.

Bakal calon legislatifnya yang semula dicoret Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo akhirnya bisa kembali masuk dalam daftar calon sementara (DCS) untuk Pemilihan Umum 2019.

Kepastian itu didapatkan setelah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulonprogo mengabulkan permohonan sengketa dari kedua partai politik tersebut dalam sidang adjudikasi, Senin (3/9/2018).

Dalam amar putusannya, Majelis Adjudikasi menyatakan membatalkan keputusan KPU Kulonprogo tentang penetapan DCS Pemilu 2019 yang berkaitan dengan penetapan tidak memenuhi syarat (TMS) atas nama bacaleg yang dicoret. 

Baca: Bawaslu Kabulkan Gugatan Perindo dan PKB Tiga Bacaleg Dimasukkan Lagi ke DCS

Yakni, Puryono serta Eka Ratna Sari Dewi yang merupakan bacaleg Partai Berkarya untuk daerah pemilihan (dapil) IV dan dapil I serta Eko Wibowo Santoso, bacaleg Partai Golkar untuk dapil III.

"Bawaslu berpendapat cukup beralasan hukum untuk mengabulkan permohonan seluruhnya setelah mencermati keterangan saksi dan pembuktian selama sidang," ujar Komisioner Bawaslu Kulonprogo, Panggih Widodo.

Puryono maupun Eka Ratna sebelumnya sama-sama terganjal oleh belum lengkapnya berkas persyaratan pencalonannya yakni terkait ijazah sekolah.

Puryono belum menyertakan fotokopi ijazah yang terlegalisasi hingga batas akhir waktu pendaftaran lantaran petugas yang berwenang atas ijazah itu tidak berada di tempat sedangkan Eka keliru memasukkan transkrip nilai alih-alih ijazah.

Adapun Eko WIbowo Santoso terganjal belum adanya berkas surat keterangan dari pengadilan negeri yang menyatakan tidak pernah dipidana lebih dari lima tahun penjara karena persoalan teknis prosesnya. 

Baca: PDIP di Kulonprogo Dibingungkan Bacalegnya Sendiri Saat Sidang Ajudikasi Perkara DCS Pemilu

Hal itu menyebabkan mereka dinyatakan TMS oleh KPU dan dicoret dari DCS Pemilu 2019.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved