Yogyakarta

DPRD DIY Dorong Peningkatan Kesejahteraan Guru Tidak Tetap

Kalangan legislatif berharap Pemerintah Daerah (Pemda) DIY bisa meningkatkan kesejahteraan guru tidak tetap, atau honorer.

DPRD DIY Dorong Peningkatan Kesejahteraan Guru Tidak Tetap
ist
Logo Pemda DIY 

TRIBUNJOGJA.COM - Kalangan legislatif berharap Pemerintah Daerah (Pemda) DIY bisa meningkatkan kesejahteraan guru tidak tetap, atau honorer.

Apalagi, pihaknya telah menerima laporan terkait pengurangan anggaran dari sisi belanja, dalam APBD murni Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

Anggota Komisi C DPRD DIY, Atmaji, mengatakan bahwa untuk anggaran sesuai APBD murni Disdikpora DIY adalah Rp 1,3 triliun.

Kemudian, dijumpai cukup banyak pengurangan, yang mencapai Rp 118 miliar.

Pengurangan itu, sebagian besar berasal dari belanja tidak langsung, yaitu untuk gaji, atau honor pegawai.

"Jumlahnya sebesar Rp 113 miliar, karena banyak yang pensiun. Jadi, angka itu disusun sebelum dipikirkan, berapa yang pensiun, lalu berapa yang pindah. Ternyata, setelah anggaran berjalan, kita bisa temukan, besok yang pensiun sekian, sehingga bisa kita hitung pengurangannya," katanya pada Tribunjogja.com.

Oleh sebab itu, legislatif berharap, supaya besaran dana yang sudah disepakati bersama di awal tahun anggaran itu, tidak sepenuhnya berkurang dan kembali ke kas negara.

Dalam artian, pengurangan bisa diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik, khususnya yang masih berstatus honorer.

"Sementara saya mendapat info, di DIY sejauh ini ada 3731 guru tidak tetap, yang bertugas di sekolah negeri, maupun swasta, mulai dari SMA, SMK, hingga SLB. Saya kira, itu harus ditingkatkan, mereka masih jauh dari nilai-nilai kesejahteraan," ucapnya.

Atmaji menuturkan, seandainya dari jumlah 3731 tersebut, dalam setiap bulannya mendapat tambahan insentif sebesar Rp 100 ribu selama enam bulan, maka hanya dibutuhkan anggaran lebih kurang Rp 2,3 miliar.

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved