Kota Yogyakarta

Trans Jogja Sudah Dilengkapi CCTV, Penumpang Merasa Lebih Nyaman

Trans Jogja Sudah Dilengkapi CCTV, Penumpang Merasa Lebih Nyaman dan Aman, Terutama Dari Kasus Pelecehan Seksual.

Trans Jogja Sudah Dilengkapi CCTV, Penumpang Merasa Lebih Nyaman
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Petugas tengah memantau CCTV Trans Jogja di CC Room Dinas Perhubungan (Dishub) DIY. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Seluruh armada Trans Jogja kini telah dilengkapi dengan CCTV yang dapat dipantau secara langsung dari CC Room Dinas Perhubungan (Dishub) DIY.

Dengan pemasangan CCTV tersebut, diharapkan para penumpang merasa lebih aman dan nyaman.

Asytari, seorang penumpang Trans Jogja ini menuturkan, dengan pemasangan CCTV yang ada di setiap armada membuat dirinya merasa lebih aman.

"Ya bagus kalau ditambah CCTV. Selain buat ngawasin pegawai, penumpang merasa lebih aman pasti," ujarnya pada Jumat (3/8/2018).

Selain itu menurutnya, dengan adanya CCTV ini juga dapat meminimalisir tindak kejahatan.

"Kalau ada CCTV kan bisa menghindari seksual harassment kepada penumpang lain, atau menghindari pencopetan di dalam bus," lanjutnya kepada Tribunjogja.com.

Baca: Seluruh Armada Trans Jogja Kini Dilengkapi CCTV

Sementara itu, Rosiana seorang penumpang Trans Jogja lainnya mengatakan, adanya CCTV ini juga berdampak langsung pada penumpang yang merasa lebih nyaman.

"Adanya CCTV juga bisa buat mengawasi penumpang dan dampaknya langsung ke penumpang juga jadi lebih nyaman," papar Rosiana.

Menurutnya, kelebihan lain dengan terpasangnya CCTV yang ada di 128 armada Trans Jogja ini juga untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Selain itu, menurut Siwi, penumpang Trans Jogja ini mengatakan, pemasangan CCTV ini juga dapat menindak tegas para supir yang ugal-ugalan ketika di jalan.

"Nggak cuma di jalan, kadang penumpang masuk banyak, belum siap, driver cuma asal nutup pintu terus tancep gas. Duduk aja belum, pegangan juga belum yang ada malah nabrak sesama penumpang," ujar Siwi.

Siwi berharap, ke depan ada atau tidak adanya CCTV para pengemudi tetap menjamin keamanan baik penumpang maupun pengguna jalan lain dengan lebih berhati-hati dan tidak ugal-ugalan. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved