Bandara NYIA Kulonprogo

Eksekusi Rumah Warga PWPP-KP, Angkasa Pura Klaim Sudah Terapkan Perlindungan HAM

PT AP I mengklaim sudah menerapkan prinsip perlindungan hak asasi manusia (HAM) dalam eksekusi rumah milik warga PWPP-KP.

Eksekusi Rumah Warga PWPP-KP, Angkasa Pura Klaim Sudah Terapkan Perlindungan HAM
TRIBUNJOGJA.COM / Hening Wasisto
Upaya pembersihan lahan bandara di Temon, Kulonprogo, pada Kamis (19/7/2018), telah merobohkan sedikitnya 23 rumah milik pegiat Paguyuban Warga Penolak Penggusuran Kulonprogo (PWPP-KP). 

TRIBUNJOGJA.COM - PT AP I mengklaim sudah menerapkan prinsip perlindungan hak asasi manusia (HAM) dalam eksekusi rumah milik warga PWPP-KP.

Project Manager Pembangunan NYIA PT AP I, Sujiastono, mengatakan, warga penolak hanya berkisar satu persen dari keseluruhan warga terdampak lain yang sudah pindah dari lokasi lahan proyek.

Namun begitu, pihaknya tak mengabaikan keberadaan warga penolak tersebut sehingga dilakukan sejumlah upaya memanusiakan sebagaimana mestinya.

Baca: PT Angkasa Pura I Robohkan Rumah Milik Warga Penolak Proyek NYIA

Upaya memanusiakan warga yang dimaksud termasuk menyiapkan tempat relokasi dengan menyewa rumah yang bisa dihuni secara gratis oleh masyarakat selama tiga bulan kedepan.

Selama tiga hari pascapenggusuran itu, AP I menjamin ketersediaan asupan makanan setiap hari bagi warga terdampak.

Pun dalam proses pemindahan warga itu juga telah disiapkan segala sesuatu untuk menjamin tidak ada yang terlantar.

Truk disiapkan untuk mengangkut barang perabotan dan hewan ternak, serta bus untuk mengangkut warga ke tempat perpindahannya.

"Kita sudah terapkan standar hak asasi manusia. Teguran dan imbauan (agar warga segera mengosongkan lahan) dari Januari sampai sekarang sudah kita laksanakan. Kita tidak semena-mena," kata Sujiastono pada Tribunjogja.com.

Hingga sore kemarin, sedikitnya 23 bangunan rumah milik warga serta satu bangunan gudang telah rata tanah diterjang alat berat yang dikerahkan AP I dan kontraktornya, PT Pembangunan Perumahan (PP).

Rencananya, kegiatan serupa dilanjutkan Jumat (20/7/2018) ini.

Halaman
1234
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved