Kuliah di UNTIDAR, Perguruan Tinggi Negeri dengan Biaya Kuliah Terjangkau

Meski masih terbilang 'muda', UNTIDAR sudah mulai dilirik banyak siswa lulusan sekolah menengah atas sederajat dari seluruh Indonesia

Kuliah di UNTIDAR, Perguruan Tinggi Negeri dengan Biaya Kuliah Terjangkau
IST
Kuliah di UNTIDAR 

TRIBUNJOGJA.com - Bagi sebagian orang, Universitas Tidar masih sangat terdengar asing. Perguruan tinggi yang berlokasi di Kota Magelang, Jawa Tengah ini baru genap berusia 4 tahun menyandang status perguruan tinggi negeri pada 1 April 2018 lalu.

Walaupun masih terbilang “muda”, UNTIDAR sudah mulai dilirik banyak siswa lulusan sekolah menengah atas sederajat dari seluruh Indonesia. Terbukti dengan peminat yang mencapai angka 15.000 pada saat pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2018 lalu.

“Pada jalur SNMPTN jumlah peminat sebanyak 5.603 dan SBMPTN sebanyak 10.076. Jumlah peminat yang meningkat tiap tahunnya membuktikan UNTIDAR sudah mulai dikenal oleh masyarakat luar. Terbukti peminat ke UNTIDAR tidak hanya berasal dari Jawa Tengah saja namun juga Luar Pulau Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, dll,” tutur Prof. Dr. Sukarno, M.Si.

UNTIDAR
UNTIDAR (IST)

Ketua Seleksi Mandiri Masuk Universita Tidar (SMM UNTIDAR) ini mengajak para siswa yang belum beruntung lolos pada jalur SNMPTN dan SBMPTN bisa kembali mendaftar ke UNTIDAR lewat jalur SMM UNTIDAR.

“Tahun ini SMM UNTIDAR membuka 19 prodi terdiri dari 17 prodi S1 dan 2 prodi D3. Tidak hanya untuk lulusan tahun 2018 saja, para siswa lulusan tahun 2016 dan 2017 pun bisa ikut mendaftar,” tambahnya.

Prodi S1 meliputi Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Manajemen, Agroteknologi, Peternakan, Akuakultur, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan IPA, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Hukum, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Program D3 meliputi Teknik Mesin/Otomotif dan Akuntansi.

“Setiap peserta SMM UNTIDAR bisa memilih 2 prodi dalam 1 kelompok ujian Saintek atau Soshum. Sebelum menentukan prodi pilihan saya harap para siswa berkonsultasi kepada orang tuanya masing-masing sehingga tidak salah pilih,” ujar Prof. Karno.

Ketentuan syarat peserta, pilihan prodi dan pendaftaran dapat diakses pada lamansmm.untidar.ac.id. Jadwal pendaftaran SMM UNTIDAR telah dimulai 8 Juni 2018 lalu dan akan berkahir pada 16 Juli 2018 mendatang. Pendaftaran hanya dilakukan secara online pada laman dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000.

“Kuliah di UNTIDAR terjangkau. Ada 8 golongan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mulai dari Rp 500.000 hingga paling tinggi Rp 4.250.000. Penetapanya pun berdasarkan data-data sosial ekonomi meliputi penghasilan orang tua, keterangan rumah, dll,” jelasnya.

Prof Karno juga menuturkan bagi golongan yang tidak mampu akan memperoleh UKT rendah dan bagi yang mampu besaran UKT menyesuaikan. Selain biaya UKT, mahasiswa yang nantinya lolos masuk ke UNTIDAR jalu SMM UNTIDAR dikenakan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi.

“Seperti UKT, kami tidak “mematok harga mati” untuk SPI. Calon mahasiswa sendiri yg menentukan besaran SPI mana yang akan mereka bayarkan,” pungkasnya.

Informasi terkait biaya UKT, daya tampung, jadwal dan alur pendaftran juga bisa diakses via laman um.untidar.ac.id Pada laman ini juga tersedia aplikasi kolom pertanyaan dimana para operator akan menjawab segala pertanyaan seputar UNTIDAR.

Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved