Kota Yogyakarta

Pemkot Yogyakarta Raih Penghargaan Pencapaian Universal Health Coverage JKN-KIS

Penghargaan ini mempertegas komitmen Pemkot Yogyakarta untuk menyelenggarakan jaminan keadilan pelayanan kesehatan masyarakat.

Pemkot Yogyakarta Raih Penghargaan Pencapaian Universal Health Coverage JKN-KIS
IST
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat menyerahkan penghargaan kepada Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta Titik Sulastri 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali menorehkan prestasi membanggakan di bidang kesehatan, yakni Universal Health Coverage (UHC) Award oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS).

Pemkot Yogyakarta menerima penghargaan pencapaian Universal Health Coverage Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari 120 daerah di Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Yogyakarta Titik Sulastri di Hotel Grand Mercure Jakarta Pusat, kemarin.

Pemkot Yogyakarta dinilai telah mendukung Program JKN-KIS sebagai Program Strategis Nasional dalam mewujudkan Universal Health Coverage (Cakupan Kesehatan Semesta) lebih awal sebelum tahun 2019.

Baca: Pemkot Yogya Masih Tunggu PP tentang THR

Titik Sulastri mengatakan, Yogyakarta mampu mewujudkan Universal Health Coverage dalam waktu yang relatif singkat.

Ditambahkannya, Yogyakarta berhasil meraih Universal Health Coverage lebih awal dari target yang ditetapkan Pemerintah Pusat, yakni tahun 2019.

“Sebenarnya kita sudah meraih Universal Health Coverage pada november 2017 lalu yakni mencapai angka 96 persen," ujar Titik melalui keterangan tertulis pada Kamis (24/5/2018).

Menurutnya penghargaan ini mempertegas komitmen Pemkot Yogyakarta untuk menyelenggarakan jaminan keadilan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Program ini jelas sangat selaras dengan program gandeng-gendong yang diusung Walikota Yogyakarta,” lanjut dia.

Baca: Pemkot Yogyakarta Gelar Adipura Kecamatan Perdana

Terkait hal tersebut, Titik menegaskan, kedepan Pemkot akan mendorong korporasi untuk ikut memberikan jaminan kesehatan kepada warga Yogyakarta sebagai bentuk realisasi program gandeng gendong sekaligus untuk meraih Universal Health Coverage.

"Penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan program layanan kesehatan di Kota Yogyakarta," ujar Titik.

Ia menambahkan, komitmen Pemkot Yogyakarta sejalan dengan apa yang dirasakan masyarakatnya, terutama dalam hal jaminan kesehatan.

“Selain itu juga memastikan seluruh penduduknya terdaftar dalam JKN-KIS, menyediakan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan sesuai standar kesehatan dengan SDM yang berkualitas,” terangnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved