Breaking News:

Aktivitas Merapi

Letusan Freatik Merapi, Hujan Abu Turun di Tujuh Desa Wilayah Magelang

Hujan abu dilaporkan turun setidaknya di tujuh desa di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Penulis: Rendika Ferri K | Editor: Iwan Al Khasni
Foto Kiriman Warga
Hujan abu turun sekitar pukul 04.00 WIB di Dusun Dukun, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, setelah terjadi letusan freatik, Rabu (23/5/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Letusan freatik Merapi kembali terjadi Rabu (23/5/2018) sekitar pukul 03.30 WIB.

Hujan abu dilaporkan turun setidaknya di tujuh desa di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, mengatakan, hujan abu sempat turun di tujuh desa di Kecamatan Dukun yakni di Desa Keningar, Desa Sumber, Desa Ngargomulyo, Desa Ngadipuro, Desa Wates, Desa Kalibening, dan Desa Dukun.

"Ketujuh desa itu wilayah yang terdampak sebaran abu akibat letusan freatik pukul 03.31 dini hari tadi," ujar Edi, Rabu (23/5/2018).

Dikatakannya, hujan abu yang turun masih tipis terjadi di sejumlah wilayah desa tersebut. Untuk wilayah Desa Keningar, hujan abu disertai dengan pasir.

Pihaknya pun sudah melakukan antisipasi terhadap hujan abu sebelumnya dengan membagikan masker kepada warga Kabupaten Magelang yang di kawasan rawan.

"Sudah diantisipasi, masker sudah kami distribusikan, sehingga dapat digunakan," ujar Edi.

Baca: Gunung Merapi Kembali Meletus Rabu Dini Hari, Dengan Kolom Asap Setinggi 2000 Meter

Berdasarkan laporan dari BPPTKG letusan terjadi pukul 03.31 durasi 4 menit ketinggian 2000 meter teramati dari PGM.Jrakah dan PGM. Kaliurang) arah barat daya.

Edi pun menghimbau warga untuk tetap tenang. Masyarakat juga diharapkan tetap waspada terhadap segala kemungkinan. "Kami harapkan tenang, waspada dan ikuti petunjuk dari petugas," katanya.

Sementara itu, Bayu Sapta, warga Desa Dukun, Kecamatan Dukun, membenarkan jika terjadi hujan abu di desanya. Hujan abu tipis turun setelah adanya letusan freatik pukul 03.31 WIB dini hari tadi.

"Betul hujan abu, di desa kami di Desa Dukun. Tetapi masih tipis-tipis, halus. Tak begitu tampak, kecuali dengan penerangan," kata Bayu.(TRIBUNjogja.com)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved