Aktivitas Merapi

Pasca-Letusan Freatik Merapi, Obyek Wisata Bunker Kaliadem Sleman Terpantau Sepi

Berdasarkan pantauan Tribunjogja.com di lokasi, nyaris tidak tampak ada kegiatan di kawasan wisata tersebut.

Pasca-Letusan Freatik Merapi, Obyek Wisata Bunker Kaliadem Sleman Terpantau Sepi
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Bunker Kaliadem tampak sepi dari pengunjung pada Senin (21/05/2018). Aktivitas wisata Kaliadem tetap berjalan normal walau telah terjadi dua kali erupsi freatik Merapi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pascadua kali erupsi freatik Merapi pada Senin (21/05/2018) dini hari dan pagi tadi, aktivitas wisata di Bunker Kaliadem tampak sepi pengunjung.

Berdasarkan pantauan Tribunjogja.com di lokasi, nyaris tidak tampak ada kegiatan di kawasan wisata tersebut. Hanya beberapa wisatawan yang terlihat di lokasi ini.

Menurut Irham, salah satu driver Jeep wisata Kaliadem, pihaknya tetap membuka layanan wisata walau telah terjadi erupsi freatik skala kecil pagi tadi.

"Kalau erupsi freatik begini kita tetap berani buka. Tapi kita pantau terus kondisinya. Saat ini kita juga belum berani ke Bunker," jelas Irham.

Irham tidak berani ke Bunker Kaliadem lantaran kondisi jalan yang berbatu dan kurang layak. Kawasan tersebut juga rawan jika terjadi erupsi lanjutan.

"Proses evakuasinya akan sulit lantaran kondisi jalannya," tutur Irham.

Sementara itu Hartini, pemilik warung di Petilasan Mbah Hargo Merapi menyebut bahwa dirinya tidak mengetahui ada erupsi freatik pagi tadi.

Hartini mengetahui adanya erupsi justru setelah melihat sisa hujan abu di pekarangan rumahnya.

"Kan tidak ada suara dan getarannya. Puncak Merapi juga tertutup kabut, jadi banyak warga yang tidak tahu ada erupsi tadi pagi," ungkap Hartini.

Erupsi freatik pagi tadi justru tidak mengganggu kegiatan warga. Hartini menyatakan bahwa warga di sekitar tidak ada yang panik karena sudah terbiasa.

"Kita tetap beraktivitas seperti biasa," ujar Hartini.(*)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved