Breaking News:

Citizen Reporter

Mulai Wirausaha, Ciptakan Lapangan Kerja

DI NEGARA kita banyak lulusan sarjana yang belum memiliki kesempatan kerja menimbulkan masalah baru pada peningkatan angka pengangguran.


Oleh. Sri Hartini
Mahasiswi Fakultas Ekonomi
Universitas Mercubuana Yogyakarta

DI NEGARA kita banyak lulusan sarjana yang belum memiliki kesempatan kerja sehingga hal ini menimbulkan masalah baru pada peningkatan angka pengangguran. Menurut saya kejadian ini disebabkan karena mereka belum memiliki kepercayaan diri atas kemampuannya untuk menciptakan lapangan kerja, sehingga rasa kemandirian untuk mengatasi permasalahan diri sendiri belum tumbuh hal ini disebabkan karena masih adanya ketakutan akan timbulnya resiko yang belum bisa mereka atasi sendiri. Kebanyakan dari mereka masih berharap menunggu pekerjaan datang daripada memilih untuk berwirausaha Secara umum, untuk membangun pola pikir manusia agar dapat berjiwa wirausaha antara lain melalui pemilihan metode pendidikan yag tepat, terutama pada saat menempuh program pendidikan di perguruan tinggi. Metode pendidikan yang diajarkan harus banyak mendidik masyarakat Indonesia untuk lebih kritis dan kreatif agar lebih mandiri. Pendidikan karakter di Indonesia saat ini belum mendidik orang menjadi kreatif, siswa masih banyak hanya mendengarkan guru mengajar dan siswanya sendiri belajar dengan cara menghafal.

Untuk itu, menurut saya untuk memulai menjadi seorang wirausahawan pemula, ada beberapa langkah yang harus dijalankan, yaitu:

1.    Persiapan mental
Dibutuhkan persiapan mental yang kuat untuk memulai bisnis, jangan ragu-ragu, harus fokus dan disiplin untuk menjalankan rencana bisnis yang telah dipersiapkan.

2.    Modal
Modal merupakan salah satu faktor penting untuk memulai bisnis. Untuk permulaan usaha dapat menggunakan modal pribadi. Jika usahanya terus berkembang dapat mencari modal lain yaitu melalui modal pinjaman (bank) atau modal lain melalui mencari partner kerja (modal partner).

3.    Jaringan bisnis
Seorang pengusaha harus memliki jaringan bisnis yang luas dengan mempunyai relasi yang banyak untuk mengembangkan usaha bisnisnya.

4.    Marketing

Marketing dibutuhkan untuk memasarkan produk/jasa kita. Jika usaha yang dikelola jenis usaha manufaktur, maka produk yang dihasilkan haruslah yang  berkualitas, dapat bersaing di pasaran, tidak kalah dengan produk pesaing, dan jika yang dikelola termasuk usaha jasa maka jasa yang diberikan harus dapat memberikan kepuasan terhadap pelanggan melalui jasa servis atau pelayanan yang maksimal. Metode marketing dapat melalui media promosi, iklan, media internet atau melalui penawaran  secara langsung ke konsumen.

5.    Mulailah dari sekarang

Setelah perencanaan dari awal sudah matang, maka usaha bisnis tersebut harus segera dijalankan, jangan menunda waktu, dan seorang pengusaha harus terus belajar untuk menambah pengetahuan yang dibutuhkan untuk pengembangan produk/jasanya yang dihasilkan dalam hal pembuatan inovasi produk/jasa yang baru, agar dapat mengikuti perkembangan kebutuhan konsumen dari waktu ke waktu sesuai dengan kemajuan teknologi.

Selain itu untuk memupuk jiwa kewirausahaan yang baik, ada beberapa tips yang harus diperhatikan, antara lain:
1.    Dapat melihat kesempatan dari situasi baik dan buruk untuk dijadikan sebuah peluang usaha dan harus segera berani untuk segera menjalankan peluang tersebut.
2.    Wirausahawan harus pandai mengelola resiko yang terjadi pada saat menjalankan peluang yang ada, sehingga peluang tersebut dapat tetap terjaga dan resiko kerja
      dapat ditekan seminimal mungkin.
3.    Wirausahawan harus mampu bangkit, tidak mudah putus asa jika terjadi keterpurukan usaha pada saat mengalami kondisi terburuk, karena setiap jenis usaha pasti
       mengalami masa pasang dan surut, baik itu penjualan produk atau jasa. Harus tetap semangat dan bangkit lagi untuk melanjutkan usahanya untuk menjadi lebih baik,
      dengan berprinsip bahwa masa depan tergantung pada diri kita sendiri, tidak bergantung pada orang lain.

Untuk itu, marilah kita sebagai angkatan muda, tunggu apa lagi. Mulailah menata masa depan yang lebih baik, marilah kita lakukan dengan berwirausaha. Banyak kelebihan yang didapat jika kita berwirausaha. Dengan berwirausaha berarti kita belajar untuk mandiri, tidak bergantung dari orang lain. Mandiri berarti kita diajak lebih kreatif untuk mengatasi permasalahan kita sendiri. Selain itu dengan disiplin dalam melaksanakan langkah-langkah menjadi wirausahawan yang baik, niscaya usaha kita akan berkembang. Dan hal ini berarti dapat menyerap tenaga kerja yang lebih banyak. Dengan demikian  berwirausaha berarti kita telah membantu pemerintah dalam programnya untuk mengurangi angka pengangguran. (*)


Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved