Inspiring Beauty

Mengenal Anifatul Jannah, Pegiat Literasi Membaca yang Dirikan Perpustakaan di Rumah Sendiri

Mengenal Anifatul Jannah, Pegiat Literasi Membaca yang Dirikan Perpustakaan di Rumah Sendiri

Mengenal Anifatul Jannah, Pegiat Literasi Membaca yang Dirikan Perpustakaan di Rumah Sendiri
Tribun Jogja/ Anifatul Jannah
Inspiring Beauty, Anifatul Jannah, Kamis (21/3). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM - Target dara bernama lengkap Anifatul Jannah dalam waktu dekat ini adalah segera menyelesaikan tesisnya yang menjadi syarat merampungkan pendidikan magister di Jurusan Islam dan Kajian Gender Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Anifa begitu ia akrab disapa mendapatkan beasiswa kuliah S2 setelah lebih dahulu menyelesaikan program sarjananya di jurusan Ilmu Komunikasi di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Jejak prestasi non akademik dara yang dilahirkan dan dibesarkan di Sidoarjo Jawa Timur ini ada di jalur pendidikan non formal.

Sejak tahun 2015 lalu Anifa aktif menjadi salah satu pegiat literasi membaca. Ia mendirikan semacam perpustakaan mandiri di rumahnya dengan nama Omah Moco.

Baca: Ramalan Tarot Hari Ini Minggu 24 Maret 2019 : Peluang Bagus Dalam Negosiasi Bisnis

Koleksi beragam buku miliknya menjadi barisan pengisinya. Semua buku ia pinjamkan secara gratis dan asas kepercayaan.

Peminjam kebanyakan adalah teman dan tetangga kanan kiri. Target utama pembaca bukunya kemudian adalah anak anak di sekitar rumahnya. Menurut Anifa, antusias anak anak untuk membaca buku sangat tinggi, hanya saja fasilitas buku bacaan masih terbatas.

Inilah yang menjadi alasan utama Anifa mendirikan Omah Moco. Melihat anak anak usia sekolah dasar di lingkungan rumahnya memiliki minat besar untuk membaca buku, ia pun berusaha memfasilitasi dengan buku buku yang kemudian ia dapatkan dari sumbangan berbagai sumber.

"Buku buku aku dapatkan dari aku mengajukan proposal ke banyak penerbit, ternyata direspon dengan baik dan dikirim buku buku untuk anak anak. Lama lama koleksi nambah banyak dan ngga hanya buku untuk anak anak saja," terang Anifa.

Baca: Kahitna dan Jikustik Meriahkan Undian Tabungan Sutera dan Sutera Emas Bank BPD DIY

Banyak membaca membuat pengetahuan Anifa terus bertambah. Dara yang memang menyukai pengalaman baru ini mencoba mengikuti Enterpreneurship Development Networking Asia, sebuah ajang yang memberi penghargaan kepada mereka pegiat literasi secara mandiri.

Halaman
123
Penulis: yud
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved