Pemilu 2019

Tekan Angka Golput, KPU Sleman Dirikan A5 Corner di Ponpes dan Kampus

Tekan Angka Golput, KPU Sleman Dirikan A5 Corner di Pondok Pesantren dan Kampus

Tekan Angka Golput, KPU Sleman Dirikan A5 Corner di Ponpes dan Kampus
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Sejumlah mahasiswa dan warga pendatang saat mengurus permohonan form A5 di KPU Sleman belum lama ini. 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019 mendatang, KPU Sleman mendirikan A5 Corner di sejumlah institusi pendidikan termasuk pondok pesantren.

Ahmad Baehaqi, Komisioner Divisi Hukum KPU Sleman kepada TribunJogja.com mengatakan A5 Corner menjadi langkah jemput bola pihak KPU untuk menekan angka golput.

"Kita dorong masyarakat agar segera mengurus A5 bagi mereka yang ada keperluan saat pemilihan besok, ini agar hak suara mereka tidak hilang," katanya, Selasa (12/2/2019).

Selain itu, langkah A5 Corner didirikan di institusi pendidikan serta ponpes tak lain, banyaknya mahasiswa/santri asal luar daerah yang tak bisa pulang kampung atau memilih di tempat pemungutan suara sesuai KTP yang ada di pribadi masing-masing.

Baca: KPU Sleman Jemput Bola untuk Menjaring Pemilih A5

Rencananya, A5 Corner akan didirikan secara bergiliran di beberapa tempat. Program ini sendiri telah mulai dilaksanakan KPU Sleman sejak 17 Januari lalu dan akan berpindah lokasi hingga 13 Maret mendatang.

Dari sejumlah posko yang telah dilakukan, total sebanyak 359 pemohon A5 telah mengajukan permohonan dari lima lokasi yang telah disambangi posko, di antaranya SMA Santo Mikael Sleman, SMA MBS Sleman, Universitas Aisyiyah Yogyakarta (Unisa), Ponpes Ibnul Qoyyim Putri dan Universitas Kristen Immanuel.

Sedangkan pada Senin lalu, posko didirikan di Universitas Atmajaya Kampus Mrican serta pada Selasa ini posko berada di Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) dan Kampus Atma Jaya Yogyakarta sekaligus event KPU Goes to Campus.

"Semoga bagi mereka bisa segera mengurus A5 karena masih akan kita buka sampai H-60 besok," pungkasnya.(tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved