Kota Yogya

Sosialisasi di Lapas Kelas II A Wirogunan, KPU Kota Yogya Ajak WBP Gunakan Hak Pilih

Setidaknya ada sekitar 300 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi target sosialisasi.

Sosialisasi di Lapas Kelas II A Wirogunan, KPU Kota Yogya Ajak WBP Gunakan Hak Pilih
istimewa
Sosialisasi Pemilu yang dilakukan oleh KPU Kota Yogyakarta untuk memfasilitasi hak pilih Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Kelas II A Wirogunan Yogyakarta, Senin (11/2/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta melakukan sosialisasi di Rutan Kelas IIA Yogyakarta.

Setidaknya ada sekitar 300 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi target sosialisasi.

Komisioner KPU Kota Yogyakarta Divisi Sosialisasi, Frengky Argitawan Mahendra mengatakan sosialisasi dimaksudkan untuk memfasilitasi dan menyelamatkan hak WBP.

Menurutnya WBP juga memiliki hak untuk memilih.

"Hari ini kami KPU Kota Yogyakarta melakukan sosialisasi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan. Kami akan menyasar pada sekitar 300an warga binaan, renacanya terbagi dalam 2 sesi. Penghuni lapas harus kita fasilitasi KPU," katanya saat ditemui Tribunjogja.com sebelum sosialisasi di Lapas Kelas IIA Wirogunan Yogyakarta, Senin (11/2/2019).

Baca: Palette: Tips Memakai Maskara untuk Pemula

Ia menjelaskan dalam sosialisasi tersebut, pihaknya akan menjelaskan terkait surat suara yang akan diterima oleh WBP.

Selain itu, pihaknya juga mengajak WBP untuk memanfaatkan hak pilihnya, agar dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu.

"Ya materinya standar, kami akan jelaskan kalau besok 17 April 2019 ada Pemilu serentak. WBP bisa memanfaatkan hak pilihnya. Nantinya akan mereka menerima lima jenis suara. Surat suara untuk DPRD kabupaten/kota, DPR, DPD, hingga calon presiden dan wakil presiden," jelasnya.

Baca: Lewat Mural, KPU DIY Sosialisasikan Pemilu 2019

"Kami juga akan jelaskan kalau tidak semua warga binaan menerima lima surat suara. Kan warga binaan juga ada yg berasal dari luar DIY. Bagi yang luar DIY ya nanti warga binaan hanya mendapat surat suara untuk memilih presiden dan wakil presiden saja," sambungnya.

KPU pun nantinya juga akan memfasilitasi WBP dengan menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) khusus.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Krismono menambahkan pihaknya sudah memfasilitasi para WBP untuk menggunakan hak pilihnya, Kanwil Kemenkumham juga sudah bekerjasama dengan Disdukcapil untuk memfasilitasi perekaman e-KTP bagi WBP di Lapas dan Rutan di DIY.

"Kami sudah memfasilitasi para warga binaan untuk didata, kami juga bekerjasama dengn Disdukcapil untuk perekaman e-KTP. Lebih dari 90 persen warga binaan di lapas merupakan pemegang hak pilih," tambahnya. (*)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved