Kesehatan

Olahraga Dapat Tunda Gejala Alzheimer

Latihan fisik dapat membantu melawan hilangnya ingatan yang disebabkan oleh Alzheimer serta menunda timbulnya jenis demensia yang paling umum.

Olahraga Dapat Tunda Gejala Alzheimer
livelighter.com.au
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Semakin bertambah usia kita, tubuh pun rentan dilanda penyakit.

Termasuk penyakit Alzheimer.

Demensia Alzheimer adalah proses penyakit dengan hendaya berat fungsi otak (kemampuan kerja otak menurun) atau disebut gangguan pikun, yang berlangsung secara progresif yang mengakibatkan gangguan berpikir, mengingat, mental, emosi dan perilaku. 

Penyakit Alzheimer mengakibatkan aktivitas kita sehari-hari terganggu.

Umumnya yang terkena orang usia lanjut, walau bisa juga pada usia lebih muda.

Baca: Kawasaki Gairahkan Pasar Motor Sport Premium dengan Modification Contest

Dikutip dari depkes.go.id, pada acara memory walk Alzhemiers, di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof Dr Ali Gufron Mukti, mengatakan ada 10 gejala umum Demensia Alzheimer yaitu :

1. Gangguan daya ingat. Gejalanya diakibatkan karena sering lupa akan kejadian yang baru saja terjadi, lupa janji, menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali, dan lupa tempat parkir dimana.

2. Gejala Alzheimer adalah sulit fokus yaitu sulit melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari, lupa cara memasak, mengoperasikan telepon, tidak dapat melakukan perhitungan sederhana, bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

3. Sulit melakukan kegiatan familiar, yaitu seringkali sulit merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari bingung cara mengemudi, sulit mengatur keuangan.

4. Disorientasi, bingung akan waktu (tanggal, hari-hari penting), bingung dimana mereka berada dan bagaimana mereka sampai disana, tidak tahu jalan kembali ke rumah.

Baca: Manfaat Lain Minum Kopi: Disebut Mampu Kurangi Risiko Alzheimer dan Parkinson

5. Kesulitan memahami visuospasial yaitu sulitnya membaca, mengukur jarak, membedakan warna, membedakan sendok/garpu, tidak mengenali wajah sendiri dicermin, menabrak cermin, menuangkan air digelas namun tumpah/tidak tepat penuangannya.

Halaman
123
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved