Kesehatan

Manfaat Lain Minum Kopi: Disebut Mampu Kurangi Risiko Alzheimer dan Parkinson

Dalam riset ini, peneliti menggunakan larutan ekstrak kopi dalam air, di mana kopi yang dipakai 100 persen kopi instan arabika.

Manfaat Lain Minum Kopi: Disebut Mampu Kurangi Risiko Alzheimer dan Parkinson
internet
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, kopi pun mengandung berjuta manfaat.

Salah satu temuan terkini menyimpulkan, meminum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer dan parkinson di kemudian hari.

Riset yang dilakukan peneliti di Brain Institute, Kanada, menemukan, ada dampak menguntungkan bagi kesehatan berkat mengonsumsi kopi.

Ada senyawa dalam kopi yang disebut fenilindan muncul selama proses roasting.

Nah, fenilindan tidak hanya menimbulkan rasa pahit pada kopi tetapi juga menghambat penggabungan protein beta amiloid dan protein tau.

Kedua protein itu banyak ditemukan dalam otak pasien yang menderita alzheimer dan parkinson.

Baca: Kopi Panas Miliki Antioksidan Lebih Tinggi

Menurut pendapat Dr Ross Mancini, seorang peneliti kimia medis yang turut serta dalam riset ini, temuan tersebut sangat penting terkait pencegahan penyakit degeneratif ini.

"Ini pertama kalinya ada yang menyelidiki bagaimana fenilidan berinteraksi dengan protein yang terkait dengan alzheimer dan parkinson," katanya.

Menurut dia, langkah lanjutan yang perlu diambil adalah menyelidiki manfaat senyawa ini, serta menganalisis kemampuannya untuk memasuki aliran darah, atau melewati penghalang darah-otak.

Dr Donald Weaver, co-director dari Brain Institute, juga menunjukkan pentingnya menggunakan bahan alami dalam penelitian.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved