Pemilu 2019

Seluruh PKK di Kota Yogya Sudah Lengkap, Pelantikan Anggota Baru Digelar 2 Januari Tahun Depan

Seluruh PKK di Wilayah Kota Yogya Sudah Lengkap, Pelantikan Anggota Baru Digelar 2 Januari Tahun Depan

Seluruh PKK di Kota Yogya Sudah Lengkap, Pelantikan Anggota Baru Digelar 2 Januari Tahun Depan
Ist
logo KPU 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Buntut dari dikabulkannya gugatan Mahkamah Konstitusi terkait jumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), berdampak pada penambahan 2 anggota PPK baru yang direkrut di masing-masing kecamatan.

Dengan tambahan tersebut, maka jumlah anggota PKK di masing-masing kecamatan menjadi lima orang.

Komisioner KPU Kota Yogyakarta, Aris Munandar menjelaskan bahwa berdasarkan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, menyebutkan bahwa jumlah PPK di masing-masing kecamatan berjumlah 3.

Baca: KPU DIY Gelar Simulasi Penerimaan dan Distribusi Logistik di TPS dalam Pemilu 2019

"Sebelumnya, misalkan pada 2014 lalu jumlah PPK di tiap kecamatan adalah 5 orang. Lalu UU 7/2017 tersebut mereduksi jumlah PPK, dari 5 menjadi 3. Tapi dengan adanya putusan MK ini jumlahnya kembali jadi 5 PPK," ucapnya, Selasa (11/12).

Aris mengatakan bahwa tambahan anggota PPK di 14 kecamatan se-Kota Yogyakarta telah terpenuhi. Seleksi tersebut dilakukan pada 10-28 November 2018 lalu.

"Kami bekerjasama dengan PGRI, Himpaudi, dan PKBM di wilayah Kota Yogyakarta. Mereka mengusulkan nama calon PPK. Selama yang diusulkan memenuhi syarat, maka bisa menjadi anggota PPK," bebernya.

Ia menjelaskan, walau sudah terpilih, dua orang tambahan PPK tersebut akan dilantik pada 2 Januari 2018 mendatang.(tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved