Sleman

Dukung GISA, Disdukcapil Sleman Luncurkan 3 Inovasi

Pemkab Sleman saat ini terus melakukan upaya sosialisasi terkait pentingnya kesadaran akan tertib administrasi kependudukan bagi masyarakat

Dukung GISA, Disdukcapil Sleman Luncurkan 3 Inovasi
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman saat ini terus melakukan upaya sosialisasi terkait pentingnya kesadaran akan tertib administrasi kependudukan bagi masyarakat.

Bahkan untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkab Sleman melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sleman meluncurkan tiga inovasi terkait pelayanan administrasi kependudukan kepada mayarakat.

Kepala Disdukcapil Sleman, Jazim Sumirat mengatakan, inovasi tersebut merupakan implementasi dari Interuksi yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Di mana Kemendagri menerbitkan Intruksi Menteri Dalam Negeri tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) pada tanggal 7 Februari 2018 yang bertujuan membangun ekosistem Pemerintahan dan masyarakat yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.

Baca: Disdukcapil Kota Yogya Tetap Layani Perekaman e-KTP

Diungkapkannya, bahwa saat ini masih banyak penduduk di wilayah Kabupaten Sleman yang masuk dalam kategori wajib KTP elektronik, namun ada yang belum melakukan perekaman data.

Bahkan, pihaknya mencatat dari 787.958 wajib KTP di Sleman, 98,46% diantaranya telah melakukan perekaman data.

Yang mana masih terdapat 12.119 wajib KTP elektronik yang belum melakukan perekaman data.

"Maka dari itu, masyarakat kini diimbau untuk memperhatikan serta melakukan perekaman data. Khususnya bagi yang belum memiliki data kependudukan dan melakukan upgrade atau pemutakhiran data bagi yang mengalami peristiwa penting," katanya beberapa hari lalu.

Baca: Sidukun Semedi Percepat Pengurusan Administrasi Kependudukan di Gunungkidul

Lanjutnya, pihaknya telah meluncurkan 3 dalam mendukung peningkatan kesadaran tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Sleman.

Pertama melalui Integrasi Dokumen Layanan Kependudukan (IDOLA).

Halaman
12
Penulis: rid
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved