Pendidikan

Pengguna SKTM Palsu di Gunungkidul Terancam Dicoret dari Sekolah

Penerbitan SKTM adalah kewenangan dari Dinas Sosial (Dinsos) Gunungkidul yang berdasarkan dari Basis Data Terpadu (BDT).

Pengguna SKTM Palsu di Gunungkidul Terancam Dicoret dari Sekolah
IST
Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Siswa yang menyalahgunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dapat dicoret dari sekolah yang didaftar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kabupaten Gunungkidul, Wasidi.

"Walaupun saat ini belum ada komplain terhadap penyalahgunaan SKTM tetapi bisa saja siswa yang bersangkutan dicoret dari sekolahnya (SMA/SMK) jika terbukti menyalahgunakan SKTM," tuturnya pada Tribunjogja.com, Rabu (11/7/2018).

Baca: 305 Calon Siswa Pengguna SKTM di Kota Magelang Terverifikasi Valid

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih belum mengetahui data pasti jumlah siswa yang diterima menggunakan SKTM.

"Saat ini data belum masuk untuk siswa yang menggunakan SKTM tetapi yang pasti 20 persen dari kuota sekolah negeri," terangnya.

Ia Mengatakan terkait penerbitan SKTM adalah kewenangan dari Dinas Sosial (Dinsos) Gunungkidul yang berdasarkan dari Basis Data Terpadu (BDT).

Baca: Masalah SKTM Abal-abal, Pengumuman PPDB di Kota dan Kabupaten Magelang Terhambat

"Tiap siswa juga harus membuat surat pernyataan bahwa dirinya benar-benar tidak mampu dan membutuhkan SKTM untuk mendaftar sekolah," terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinsos Gunungkidul, Subarno mengatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk penerbitan SKTM.

"Syaratnya seperti kartu Keluarga, Akta kelahiran, KTP orangtua, Kartu keluarga sejahtera (KIS), dan kart Indonesia Pintar," jelasnya.

Barno mengatakan tidak semua warga dapat mengakses SKTM jika warga tersebut tidak tercantum pada BDT maka tidak dapat memperoleh SKTM. (*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved