Berita Bisnis Terkini

Harga Beberapa Cabai di Pasar Beringharjo Mulai Menurun

Harga komoditas cabai jenis cabai rawit merah dari Rp70 ribu per kilogram, kini mengalami penurunan sebanyak Rp5 ribu.

TRIBUNJOGJA/MIFTAHUL HUDA
Seorang pedagang sedang melakukan penyortiran cabai merah kriting di Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta, Minggu (19/6/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perkembangan harga komoditas cabai di Pasar Beringharjo terpantau mulai turun pada Rabu (4/1/2023).

Ivan Syaputra (26), Pedagang Sayur di lantai dua Pasar Beringharjo mengatakan, harga komoditas cabai jenis cabai rawit merah dari Rp70 ribu per kilogram, kini mengalami penurunan sebanyak Rp5 ribu.

Sehingga, harga cabai rawit merah tersebut menjadi Rp65 ribu per kilogram. 

Begitu pula dengan harga cabai merah keriting yang sebelumnya Rp50 ribu per kilogram, kini menjadi Rp45 ribu per kilogram. 

Baca juga: Harga Cabai Rawit Hijau di Kulon Progo Naik Signifikan Jelang Nataru

"Harga-harga dua jenis cabai itu naik pas awal tahun baru 2023. Jadi, sebelum 1 Januari 2023 itu, harga cabai rawit merah masih Rp55 ribu per kilogram dan cabai merah keriting masih Rp40 ribu per kilogram," tuturnya kepada Tribunjogja.com di lantai dua Pasar Beringharjo .

Ia pun mengaku sempat terkejut dengan peningkatan harga dua komoditas cabai tersebut, walau pada saat ini telah kembali menurun.

Meski demikian, pada momen pergantian tahun baru, penjualan cabai di tempatnya mengalami peningkatan sekitar 30 persen.

"Momen tahun baru itu kan banyak pendatang dari luar kota yang lagi liburan di Yogyakarta. Ternyata ada efeknya juga untuk saya. Kalau biasanya saya jual cabai itu bisa 15 kilogram sehari, pas pergantian tahun itu bisa 20 kilogram sehari," jelas Ivan.

Baca juga: Harga Sejumlah Jenis Cabai di Pasar Beringharjo Yogyakarta Mulai Naik, Ini Rinciannya

Di sisi lain, untuk harga cabai jenis cabai rawit hijau, cabai hijau keriting, cabai merah dan hijau teropong tidak mengalami perubahan. 

"Harga cabai rawit hijau Rp60 ribu per kilogram, cabai hijau keriting Rp25 ribu per kilogram, cabai merah teropong Rp40 ribu per kilogram dan hijau teropong Rp25 ribu per kilogram," beber dia.

Tania Syahla Asha (23), Warga Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta , yang turut mengkonsumsi cabai memilih untuk membeli cabai dengan harga yang terjangkau.

"Saya sengaja pilih cabai hijau keriting, biar harganya terjangkau. Kalau yang lain kan lumayan mahal ya," tuturnya.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved