Berita Klaten Hari Ini

Warga Klaten Diminta Tak Nyalakan Petasan Saat Malam Tahun Baru

Jajaran Polres Klaten mengimbau masyarakat untuk tidak menyalakan mercon atau petasan saat merayakan tahun baru 2023 nanti.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok Humas Polres Klaten
Sat Samapta Polres Klaten saat mengecek mercon atau petasan di sejumlah toko swalayan di Klaten, Selasa (27/12/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Jajaran Polres Klaten mengimbau masyarakat untuk tidak menyalakan mercon atau petasan saat merayakan tahun baru 2023 nanti.

Apalagi segala aktivitas terkait bahan peledak, termasuk di dalamnya mercon sudah diatur dalam Undang-undang Darurat nomor 12 tahun 1951.

"Mercon itu berbahaya, bisa menyebabkan cedera dan bahkan mengancam keselamatan. Kemudian juga mengganggu lingkungan. Ada anak-anak dan  orang tua atau yang sakit yang perlu istirahat," ujar Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo, melalui Kasi Humas Iptu Abdillah pada TribunJogja.com, Selasa (27/12/2022).

Baca juga: Cara Tetap Sehat Menjaga Kandungan Ibu Hamil yang Berusia 35 Tahun ke Atas

Ia mengatakan, bahwa sudah cukup banyak korban berjatuhan akibat dari aktivitas membuat dan menyalakan mercon ini.

Beberapa kejadian selain membuat efek kerusakan bangunan yang cukup parah, juga menimbulkan korban jiwa. Langkah preventif pun akhirnya dilakukan Polres Klaten.

"Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Sat Samapta Polres Klaten sudah melakukan pemantauan lapangan, termasuk di distributor kembang api. Hasilnya sampai saat ini masih nihil, tidak ada penjualan mercon," terang dia.

Ia menyebut untuk kembang api masih diperbolehkan dinyalakan saat perayaaan tahun baru. Meski demikian untuk penggunaan kembang api dalam jumlah besar harus ada ijin dari kepolisian.

"Bagi kelompok masyarakat yang akan membuat event tahun baru dengan kambang api yang cukup besar silakan mengajukan ijin ke Sat Intelkam," tegasnya.

Baca juga: Chelsea dan Manchester City Bersaing Dapatkan Josko Gvardiol

Iptu Abdillah, kemudian mengimbau masyarakat untuk mengisi malam pergantian tahun baru dengan kegiatan positif.

Bagi yang yang akan keluar merayakan tahun baru, dihimbau untuk saling menghargai dengan pengguna jalan lainnya.

"Jangan membuat kegiatan yang merugikan masyarakat seperti konvoi knalpot brong, menyalakan mercon, tawuran dan lainnya. Hati-hati juga karena intensitas hujan cukup tinggi, perhatikan keselamatan berkendara," tukasnya. (Mur)
 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved