Mau Tahu 4 Kiat Sukses Bisnis Kuliner ala Merchant ShopeeFood

Kerja keras bukan satu-satunya hal yang harus dimiliki pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis. Rasa ingin tahu tinggi juga menjadi karakter.

Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/ISTIMEWA
Rumah Makan Padang MakCiak 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kerja keras bukan satu-satunya hal yang harus dimiliki pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis. Rasa ingin tahu tinggi juga menjadi karakter yang perlu dimiliki pengusaha.

Hal tersebut disampaikan Chief Executive Officer (CEO) and Co-Founder Rumah Makan Padang MakCiak Iwan Febrian. Sebagai informasi, dalam bahasa Padang, MakCiak berarti paman.

Pemilihan nama ini terinspirasi dari paman Iwan yang menjadi rekanan bisnisnya. Iwan sendiri memulai bisnis kuliner pada 2015 karena rasa ingin tahu yang kuat. Utamanya, dalam bisnis masakan Padang.

Menurut Iwan, ada empat sikap penting lain yang wajib dimiliki pengusaha, agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang dan sukses.

1. Berani
Jatuh-bangun dalam membangun sebuah bisnis adalah hal yang lumrah bagi seorang pengusaha. Meski begitu, gigih saja tak cukup untuk membuat seseorang dapat keluar dari kondisi sulit.

Iwan menjelaskan, pengusaha juga harus berani dalam mengambil keputusan dan mewujudkan segala ide yang ada.

“Banyak pelaku usaha yang sering merasa takut bisnisnya gagal di tengah jalan. Ketakutan inilah yang justru menjadi penghalang kesuksesan. Padahal, tidak ada yang salah jika kita mencoba mewujudkan ide bisnis yang baru. Sukses atau gagal, kita tidak akan pernah rugi. Kalau gagal, kita dapat pelajaran berharga. Kalau sukses, kita dapat menikmati hasilnya, “ ujar Iwan dalam siaran persnya, Rabu (7/12/2022).

2. Fokus
Fokus pada aspek fundamental adalah sikap penting lainnya yang diperlukan dalam membangun bisnis kuliner. Terkait aspek tersebut, Iwan mengatakan bahwa ada tiga hal yang harus diperhatikan pengusaha, yakni pengelolaan kualitas rasa, penyedia logistik, dan sistem operasional.

“Bahan-bahan masakan MakCiak (berasal) dari Payakumbuh. Ini kami lakukan agar kualitas rasanya tetap autentik. Rasa menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis kuliner. Itulah pentingnya ada dapur pusat agar kita dapat mengontrol kualitas rasa," tuturnya.

Untuk mendapatkan kualitas rasa, lanjut Iwan, dirinya selalu memilih bahan masakan dengan kualitas terbaik. Terkait operasional keuangan, pemanfaatan teknologi digital di era modern jadi hal penting yang tak boleh diabaikan.

“Sekarang banyak platform digital yang bisa dimanfaatkan. Untuk penjualan online, kami percayakan hal ini pada ShopeeFood. Kami juga sering memanfaatkan aplikasi Shopee Partner untuk memantau setiap transaksi penjualan dan penilaian para pelanggan kami,” kata Iwan.

3. Kolaborasi
Agar bisnis dapat tumbuh dan berekspansi dengan cepat, kolaborasi adalah hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk mencapai hal tersebut. Adapun dalam melakukan kolaborasi, setiap brand dapat memanfaatkan sistem kemitraan bisnis.

Lewat kemitraan tersebut, pelaku usaha dapat memperluas jaringan bisnis dengan modal, risiko, dan investasi sumber daya manusia (SDM) yang minim.

“Keberhasilan MakCiak dalam mengembangkan 30 cabang bisnis di area Jakarta tidak terlepas dari model bisnis Partnership Dusanak MakCiak yang diterapkan. Untuk menjaga eksistensi bisnis, MakCiak juga berbagi strategi bisnis dengan para mitra, termasuk tentang cara memaksimalkan strategi promo di layanan pesan antar online, seperti ShopeeFood,” jelas Iwan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved