Berita Sleman Hari Ini

Pasar Ikan Mina Bangunkerto Resmi Bediri Sebagai Fasilitas Peternak Ikan 

Lurah Bangunkerto, Anas Maruf dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pembangunan Pasar Tani yang telah diresmikan Bupati Sleman merupakan kegiat

Istimewa
Bupati Sleman bersama beberapa pejabat terkait mengunjungi Pasar Ikan Mina Bangunkerto, Minggu (4/12/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Masyarakat Kalurahan Bangunkerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta tidak perlu pergi jauh ketika hendak membeli ikan.

Pasalnya pada Minggu (4/12/2022) lalu, di lokasi tersebut telah diresmikan Pasar Ikan Mina Bangunkerto.

Lurah Bangunkerto, Anas Maruf dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pembangunan Pasar Tani yang telah diresmikan Bupati Sleman merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dibiayai Dana Keistimewaan DIY. 

Baca juga: Mulai Tahun Depan Linmas Kota Yogyakarta Disiagakan Awasi Pembuangan Sampah Anorganik di Depo

"Melalui Dana Keistimewaan, Kalurahan Bangunkerto melaksanakan beberapa kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat. Salah satunya difokuskan dalam peningkatan UMKM dan Pariwisata dengan menggandeng mitra kerja dalam hal ini Dinas Koperasi DIY," Jelasnya melalui keterangan resmi Pemerintah Kabupaten Sleman, Senin (5/12/2022).

Sementara itu, Paniradya Pati Keistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho, menjelaskan bahwa 2022 merupakan tahun Kedua Dana Keistimewaan disalurkan kepada Kalurahan.

Ia menyebut, Dana Keistimewaan yang saat didapatkan Kalurahan diharapkan dapat difokuskan dalam program atau kegiatan tertentu sehingga bisa lebih optimal dalam realisasinya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. 

Ia menyebut program inovasi pasar Turi tersebut dapat menjadi fasilitas penunjang bagi para peternak ikan dalam memasarkan hasil produksinya dengan harga yang bersaing.

Baca juga: Asprov PSSI DIY Belum Terima Mandat Kapan Bisa Gulirkan Liga 3 DIY, Persiba Bantul Tetap Optimis

"Adanya pasar ikan ini diharapkan juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber protein hewani yang segar dan berkualitas. Pemenuhan kebutuhan pangan bergizi termasuk diantaranya ikan menjadi sebuah keharusan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia," katanya. 

Usai melakukan peresmian, Bupati Sleman beserta rombongan juga melakukan peninjauan langsung lokasi budidaya ikan. Kemudian, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelepasan ratusan bibit ikan di di wilayah Argowisata Bangunkerto, Turi. (Nei)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved