Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Survei Kolasse : 95 Persen Warga DIY Ingin Berpartisipasi dalam Pemilu, Sosok Ini Dominan Dipilih

Sebanyak 95 persen dari 500 responden di DI Yogyakarta menunjukkan minatnya untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024 mendatang.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Arga Pribadi Imawan selaku Dosen DPP UGM dan CEO Kolasse (kiri) didampingi Diasma Sandi Swandaru Dosen Ilmu Pemerintahan STPMD APMD dan Peneliti Pusat Studi Pancasila UGM (kanan) serta Dimas Ramadhan selaku Manajer Policy Research Populi Center yang hadir melalui daring saat Jumpa Pers Pemaparan Hasil Penelitian Perilaku Pemilih dan Ikatan Sosial Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (29/11/2022). 

Tribunjogja.com - Sebanyak 95 persen dari 500 responden di DI Yogyakarta menunjukkan minatnya untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024 mendatang.

Meski keinginan untuk menggunakan hak pilihnya tinggi, namum masih terdapat potensi berkurangnya keinginan untuk memilih yang disebabkan oleh adanya kemungkinan untuk memanfaatkan waktu libur di hari pemilihan untuk piknik bersama keluarga (87,6persen). 

Berdasarkan survei yang dilakukan Kolasse dalam rentang 14-23 November 2022, sosok Ganjar Pranowo dominan dipilih sebagai calon presiden.

"Ganjar Pranowo unggul dalam kategori atribusi kepemimpinan sebagai sosok yang Merakyat (69,3 persen), Mampu diterima semua kalangan (64,3 persen), Menjaga toleransi (58,7 persen), Mendorong solidaritas sosial (55,8 persen), Bagus dalam berbicara di depan publik (50,5 persen), Berpenampilan menarik (46,2 persen), dan Menguasai persoalan ekonomi (39,7 persen). Untuk kategori Mampu menjaga stabilitas keamanan (62,2 persen) dan Menguasai persoalan politik luar negeri (48,0 persen) melekat pada sosok Prabowo Subianto," ujar CEO Kolasse, Arga Pribadi Imawan saat Jumpa Pers Pemaparan Hasil Penelitian Perilaku Pemilih dan Ikatan Sosial Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (29/11/2022).

Berkaitan dengan politik nasional, hasil pengambilan data menunjukkan bahwa Prabowo Subianto (92,8 persen) merupakan tokoh paling popular.

Baca juga: Hasil Survei Elektabilitas Capres Terbaru dari SMRC : Ganjar, Prabowo dan Anies Masuk Tiga Besar

Setelahnya terdapat nama Ganjar Pranowo (84,7 persen), Sandiaga Salahuddin Uno (79,5 persen), Anies Baswedan (79,3persen), Ridwan Kamil (74,6 persen), dan Puan Maharani (72,1 persen).

"Ketika responden ditanya apakah suka atau tidak suka dengan tokoh yang mereka kenal, hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas warga masyarakat di DIY menyukai Ganjar Pranowo (rerata 8,22). Setelahnya menyusul sosok Ridwan Kamil (7,66), Andika Perkasa (7,61), Sandiaga Salahuddin Uno (7,46), Khofifah Indar Parawansa (7,38), Prabowo Subianto (7,27), dan Anies Baswedan (7,05)," tambah Arga.

Pada pertanyaan terbuka, lanjutnya, ketika warga masyarakat ditanya siapa yang diharapkan menjadi presiden di masa mendatang, 3 (tiga) jawaban teratas adalah Ganjar Pranowo (25,3 persen), Joko Widodo (17,3 persen), dan Prabowo Subianto (11,7 persen).

Ketika masyarakat ditanya siapa yang diharapkan menjadi wakil presiden di masa mendatang, tiga jawaban
teratas adalah Ganjar Pranowo (10,1 persen), Ridwan Kamil (6,7 persen), dan Ma’ruf Amin Subianto (6,5 persen).

"Apabila pemilihan umum dilakukan hari ini, PDI-P merupakan partai yang paling banyak dipilih oleh warga DI Yogyakarta, dengan 26,8 persen. Pada pertanyaan eksperimen, suara PDI-P meningkat jika mengusung Ganjar Pranowo dibandingkan Puan Maharani," bebernya.

Ia menambahkan, apabila pemilihan dilakukan hari ini, dari sembilan tokoh yang disebutkan, Ganjar Pranowo (49,6 persen) menjadi tokoh yang paling banyak dipilih sebagai presiden.

Setelahnya terdapat nama Prabowo Subianto (16,2 persen), dan Anies Baswedan (12,6 persen).

Pada simulasi 3 tokoh, Prabowo Subianto unggul ketika melawan Puan Maharani dan Anies Baswedan, namun keunggulan berpindah ke Ganjar Pranowo ketika simulasi dilakukan dengan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

"Dalam simulasi 2 tokoh, Ganjar Pranowo unggul ketika berhadapan dengan Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan. Adapun Prabowo Subianto unggul ketika berhadapan dengan Anies Baswedan," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved