Surpres Calon Panglima TNI Bakal Masuk DPR Sore Ini, Siapa yang Diajukan Presiden Jokowi?

Surpres terkait nama calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa disebut akan diterima DPR RI pada Rabu (23/11/2022) sore ini.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Muhammad Fatoni
KOMPAS/Pradipta Pandu
Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI 

TRIBUNJOGJA.COM - Surat Presiden (Supres) terkait nama calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa disebut akan diterima DPR RI pada Rabu (23/11/2022) sore ini.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid.

Politisi Partai Golkar tersebut mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan Istana terkait Surpres Calon Panglima TNI

“Sudah berkomunikasi dengan pemerintah, kemungkinan sore ini masuk. Kita tunggu saja,” ujar Meutya dalam keterangannya.

Namun, ia enggan membeberkan siapa calon Panglima TNI yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

“Siapa pun dari kepala staf saat ini, kami sudah kenal rekam jejaknya. Kita tunggu surat presiden untuk kepastiannya,” kata dia.

Ia pun meyakini Komisi I DPR masih punya waktu untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI sebelum masa reses berlangsung, yakni sebelum 16 Desember 2022.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyatakan, surpres calon Panglima TNI bakal dikirim ke Parlemen hari ini.

Pihaknya telah menghitung masa sidang DPR, atau sebelum anggota Dewan memasuki masa reses.

"Surpres penggantian Panglima TNI itu kita kan reses dalam beberapa waktu ke depan akan reses di DPR, kita sudah menghitung. Pada hari ini kita akan dikirim kepada DPR surpres-nya. Jamnya belum," kata Pratikno di Istana Negara, Rabu pagi.

Adapun Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan mengakhiri masa jabatannya Desember 2022 karena telah berusia 58 tahun.

Calon penggantinya dipilih oleh Jokowi dari tiga kepala staf yakni Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Fadjar Prasetyo.

( kompas.com )

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pimpinan Komisi I DPR: Surpres Calon Panglima TNI Masuk DPR Sore Ini"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved