Berita Kota Yogya Hari Ini

Sebanyak 10 Warga Kota Yogyakarta Jadi Pemenang Program Pengawasan Pajak Daerah 2022

Pemkot Yogyakarta mengganjar 10 orang warga, yang ditetapkan jadi pemenang program Pengawasan Pajak Daerah (Waspada) 2022.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemkot Yogyakarta mengganjar 10 orang warga, yang ditetapkan jadi pemenang program Pengawasan Pajak Daerah (Waspada) 2022.

Sebagai informasi, melalui program tersebut, masyarakat luas bisa melaporkan pengawasan pajaknya via aplikasi terpadu Jogja Smart Service (JSS).

Adapun pajak daerah yang masuk dalam pengawasan Waspada meliputi, retribusi hotel, restoran, hiburan dan parkir. 

Pelaporan dilakukan dengan mengunggah foto nota, meupun bill pembayaran jasa dari usaha-usaha hotel, restoran, hiburan, hingga parkir pada menu Waspada yang telah tersedia di JSS.

Baca juga: Turnamen Piala Danrem 072/Pamungkas Diharapkan Dapat Melahirkan Pesepakbola DIY Untuk PON

"Ini upaya kami secara transparan dan akuntabel, supaya masyarakat berpartisipasi untuk mengawasi pajak daerah. Layanan Waspada yang ada di JSS ini kami gagas sebagai media baru untuk pengawasan pada penerimaan pajak daerah di Kota Yogya," ucap Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sumadi, Kamis (10/11/2022).

Karena itu, Pemkot pun mengapresiasi masyarakat yang turut berpartisipasi secara aktif dalam Waspada.

Apresiasi yang diberikan dalam bentuk hadiah uang tunai dengan nilai total Rp 20 juta bagi 10 pemenang.

Meliputi, lima pemenang dengan poin tertinggi, dan lima pemenang berdasarkan hasil undian.

Baca juga: Pemkab Sleman Masih Kaji Perbaikan Jembatan Penghubung di Purwomartani yang Ambruk

"Hadiah ini merupakan wujud apresiasi kami kepada masyarakat Kota Yogyakarta. Silahkan gunakan uang tersebut untuk keperluan, dan kalau bisa, ya, teruskan belanja di Kota Yogya," celetuknya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Wasesa menandaskan, ada sekira 100 akun yang mengunggah data melalui menu Waspada di JSS.

Ia pun menuturkan, meski inovasi ini cenderung anyar, karena baru diterapkan di 2021 lalu, antusiasme warga terbilang tinggi.

"Program Waspada ini bisa membantu pemeriksaaan secara lengkap maupun sederhana, yang dilakukan oleh petugas. Ini juga dapat digunakan untuk bukti pembanding jika dilakukan pemeriksaan, sehingga lebih akurat lagi," terangnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved