Pilpres 2024

Pilpres 2024: Sudah Punya Bakal Capres, Kini Gerindra PKB Sepakati Penentuan Cawapres

yang akan berkoalisi dengan Gerindra adalah PKB. Partai Gerindra dan PKB kini menyepakati soal penentuan cawapres di Pilpres 2024

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
Via Kompas.com
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) memberi salam kepada media usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). Dalam pertemuan tersebut, Gerindra dan PKB bersepakat bekerja sama menyiapkan Pileg, Pilpres dan Pilkada di Pemilu 2024 mendatang. 

TRIBUNJOGJA.COM - Prabowo Subianto akan maju sebagai capres dari Partai Gerindra di Pilpres 2024. Partai lain yang akan berkoalisi dengan Gerindra adalah PKB. Partai Gerindra dan PKB kini menyepakati soal penentuan cawapres. 

Demikian juga soal deklarasi Capres-Cawapres dari Gerindra dan PKB dikabarkan tinggal menunggu partai ketiga gabung dalam koalisi.

Hal itu diungkapkan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. 

Tribun Jogja mengutip laporan kompas.com, Sufmi Dasco Ahmad menyepakati pernyataan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid terkait penentuancawapres.

“Saya pikir apa yang disampaikan oleh PKB untuk menunggu anggota baru saya kira hal yang masuk akal,” ujar Dasco ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2022). 

Pernyataan itu merespons apa yang disampaikan Jazilul. Tribunnews melaporkan pada Minggu (30/10/2022), bahwa Jazilul menyatakan deklarasi Capres-Cawapres koalisi PKB-Gerindra menunggu partai ketiga bergabung.

Dasco pun mengatakan bahwa sejak awal koalisi yang dibangun Gerindra dan PKB untuk menghadapi Pilpres 2024 tak hanya ingin diisi oleh dua partai politik saja.

Namun tetap ada tenggat waktu untuk mendeklarasikan pasangan capres-cawapres.

“Namun di politik ada tenggat atau batas waktu yang tentunya nanti akan disepakati kedua belah pihak, baik PKB maupun Gerindra,” ungkapnya.

“Memang saat ini belum dibicarakan, tapi nanti akan dibicarakan,” sambung Dasco.

Dasco mengatakan kedua parpol juga tengah menunggu proses peresmian sekretariat bersama.

Menurut klaimnya sekber sudah dipersiapkan dengan baik namun peresmiannya masih menunggu aktivitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

“Peresmian sekber memang tinggal menunggu keluangan dari waktu masing-masing ketua umum. Kita harapkan sih dalam waktu dekat bisa meresmikan,” tandasnya.

Menghadapi Pilpres 2024, saat ini Gerindra dan PKB telah membentuk koalisi untuk menghadapi Pemilu 2024.

Koalisi tersebut belum mengumumkan siapa capres dan cawapres yang bakal diusung.

Dalam nota kesepakatan keduanya, penentuan pasangan calon dalam kontestasi Pilpres 2024 ditentukan oleh Prabowo dan Muhaimin.

(*/kompas)

Artikel tayang di https://nasional.kompas.com/read/2022/11/02/gerindra-sepakat-dengan-pkb-penentuan-cawapres-tunggu-anggota-baru-koalisi

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved