Pilpres 2024

Pilpres 2024: Soal Cawapres Pendamping Anies Baswedan, Nasdem Tidak Mau Terburu-buru

Menurut Johnny G Plate, ada berbagai pertimbangan yang membuat penentuan nama bakal cawapres masih membutuhkan waktu,

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam pengumuman deklarasi Capres 2024 di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024, Partai Nasdem menyatakan tidak ingin terburu-buru dalam penentuan cawapres. Pasalnya, ada beberapa pertimbangan berkaitan dengan partai koalisi dan visi. 

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Johnny G Plate. Ia mengatakan Partai Nasdem tidak terburu-buru menentukan nama bakal cawapres untuk mendampingi Anies Baswedan.

Nasdem memang sudah mendeklarasikan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal capres yang diusung di Pilpres 2024 .

"Yang dibilang it's time (sudah waktunya) itu adalah capres. Sedangkan membentuk koalisi dan menentukan cawapres masih punya cukup waktu," ujar Plate ditemui di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selasa (18/10/2022).

Baca juga: Pilpres 2024: PKS Punya Alternatif Pendamping Anies Baswedan, Nasdem Usul Cawapres dari Luar Koalisi

Pertimbangan penentuan cawapres

Menurut Johnny G Plate, ada berbagai pertimbangan yang membuat penentuan nama bakal cawapres masih membutuhkan waktu, selain soal kesepakatan politik dalam peluang berkoalisi dengan PKS dan Demokrat.

Sementara, saat ini koordinasi bersama dengan partai-partai politik masih berlanjut. Sejauh ini, PKS dan Demokrat, dua partai politik yang disebut bakal membentuk koalisi dengan Nasdem, belum juga menyatakan sikap resmi.

Adapun beberapa pertimbangan itu adalah elektabilitas, termasuk bagaimana efek elektoral yang timbul ketika dipasangkan dengan Anies Baswedan.

Ia menambahkan, pasangan ini juga harus memiliki visi selaras dalam pembangunan 2024-2029 yang diprediksi sarat tantangan.

Kemudian, pasangan ini juga harus mampu menjaga keberlanjutan pembangunan rezim Joko Widodo (Jokowi).

"Ketiga, dalam mengawal pemerintahan itu perlu dibangun soliditas koalisi yang saat ini dibentuk dan nanti berpotensi dilebarkan," ujar Johnny G Plate.

Menteri Kominfo itu menegaskan, keputusan Nasdem sejauh ini adalah menentukan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.

Selanjutnya, memberikan Anies Baswedan kewenangan mencari calon wakilnya, dan mengerahkan kekuatan untuk berkoordinasi mencari koalisi.

(*/)

Artikel tayang di https://nasional.kompas.com/read/2022/10/18/19442421/nasdem-masih-ada-waktu-bentuk-koalisi-dan-cari-cawapres-anies.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved