Tragedi Kanjuruhan Arema Vs Persebaya

Kaesang Pangarep Layangkan Tagar Mataram Is Love, Sekalian Spoiler Pernikahan

Kejadian ini menggerakkan hati bos Persis Solo, Kaesang Pangarep yang berharap suporter Persis dan PSIM Yogyakarta bisa melakukan perubahan dengan

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Joko Widiyarso
Instagram @kaesangp
Kaesang Pangarep Layangkan Tagar Mataram Is Love, Sekalian Spoiler Pernikahan 

TRIBUNJOGJA.COM - Tragedi Kanjuruhan Malang menjadi pelajaran untuk pesebakbola dan para suporter di Indonesia.

Ratusan nyawa manusia tidak bersalah hilang begitu saja hanya karena menonton pertandingan sepakbol Arema vs Persebaya, Sabtu 2 Oktober 2022 lalu.

Padahal, para Bonek, sebutan untuk penggemar Persebaya sudah tidak hadir di Stadion Kanjuruhan, mengingat ini bakal menjadi derbi yang panas.

Setelah tragedi itu, para penggemar sepakbola pun berupaya untuk saling merangkul.

Di seluruh daerah, suporter dari klub manapun bersatu, berjanji untuk tidak saling gontok-gontokan saat klub idola bertanding.

Kejadian ini menggerakkan hati bos Persis Solo, Kaesang Pangarep yang berharap suporter Persis dan PSIM Yogyakarta bisa melakukan perubahan dengan perdamaian.

“Aku akhir tahun nikah sama orang DIY. Nah, ini giliran kalian @persisofficial @PSIMJOGJA untuk melakukan perubahan kecil di dunia persuporteran #MataramIsLove,” tulis Kaesang di akun Twitternya.

Kaesang Pangarep saat ditemui di acara Senyawa +, di M Bloc Space, Melawai, Jakarta Selatan, Minggu (3/11/2019).
Kaesang Pangarep saat ditemui di acara Senyawa +, di M Bloc Space, Melawai, Jakarta Selatan, Minggu (3/11/2019). (Kompas.com/Rintan Puspitasari)

Diketahui, santer terdengar kabar bahwa Kaesang Pangarep akan menikahi Erina Gudono, alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Bahkan, Erina sudah sempat ia bawa saat upacara HUT RI ke-77 di Istana Merdeka 17 Agustus 2022 lalu.

Kemudian, akun sang kakak, Gibran Rakabuming juga menimpali ucapan tersebut.

Baca juga: Suporter PSIM Yogyakarta dan Persis Solo Suarakan Damai, Mural Mataram Is Love Hiasi Kota Jogja

“Terimakasih atas kontribusi besar Anda. Pernikahan ini adalah simbol perdamaian antara @persisofficial dan @PSIMJOGJA,” ucapnya.

Tak sebatas narasi di media sosial, gerakan untuk mengakhiri rivalitas yang terlampau batas juga diwujudkan oleh suporter PSIM, PSS dan Persis Solo yang menunjukkan bahwa mereka dapat bergandengan, tanpa terjadi gesekan ketika bertemu di area perbatasan DIY-Jateng tepatnya di kawasan Prambanan.

Suporter PSIM, PSS dan Persis Solo membuktikan dapat damai berdampingan, mengenakan atribut klub kebanggaannya masing-masing saat menghadiri doa bersama untuk tragedi Kanjuruhan di Monumen Juang 45, Kelurahan Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Senin (3/10/2022) malam.

Mural
Mural "Mataram Is Love" yang terpajang di Jalan Kolonel Sugiyono, Keparakan, Mergangsan, Kota Yogyakarta. (Istimewa)

Sementara di Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Kolonel Sugiyono, Keparakan, Mergangsan, seruan perdamaian diwujudkan oleh para suporter dengan membuat sebuah mural bertuliskan "Mataram Is Love".

Di samping tulisan tersebut, tergambar tiga buah simbol hati dengan warna biru, merah dan hijau yang melambangkan berdamainya tiga basis suporter dari PSIM, Persis dan PSS.

Baca juga: Perintah Presiden Jokowi Soal Tragedi Kanjuruhan, Minta TGIPF Segera Bekerja, Beri Waktu Sebulan

Mural berisi pesan perdamaian antar suporter juga terpajang di tembok jembatan Kleringan Kewek, Tegal Panggung, Kota Yogyakarta.

Mural bergambar simbol hati berwarna biru, merah dan hijau di sisi kanannya tertera tulisan Jogja, Solo dan Sleman.

( Tribunjogja.com / Bunga Kartikasari )

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved