Berita Sleman Hari Ini

Komitmen Tingkatkan UHC, Pemkab Sleman Jalin Kerjasama Dengan BPJS Kesehatan

Sebagai komitmen dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan Universal Health Coverage (UHC) di Sleman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman lakukan

Istimewa
Komitmen tingkatkan Universal Health Coverage di Sleman, Pemerintah Kabupaten Sleman lakukan kerjasama dengan Badan Penyelenggaraa Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Sleman, di Ruang Rapat Bupati Sleman, Senin (26/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Sebagai komitmen dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan Universal Health Coverage (UHC) di Sleman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman lakukan kerjasama dengan Badan Penyelenggaraa Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sleman dalam meningkatkan cakupan kepesertaan program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) yang dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Cahya Purnama dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman, M Idar Aries Munandar bertempat di Ruang Rapat Bupati Sleman, Senin (26/9/2022).

Baca juga: BLT BBM di Sleman Telah Tersalurkan 96 Persen 

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas Kesehatan Sleman dengan BPJS Cabang Sleman. 

"Kami menyambut baik adanya komitmen BPJS Sleman dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Kerjasama ini sekaligus menjadi bukti komitmn Pemkab Sleman dalam memberikan jaminan serta kepastian perlindungan atas hak jaminan sosial kesehatan bagi setiap warga," jelasnya. 

Lebih lanjut, Kustini menuturkan hingga 1 Sepember 2022, sebanyak 96,21 persen dari total jumlah penduduk 1.089.365 jiwa, telah terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Menurutnya, Capaian UHC salah satunya karena adanya sinergitas dan kolaborasi yang sangat baik antara BPJS Kesehatan dengan Pemkab Sleman.

Sementara itu, dalam kerjasama yang dilakukan oleh Pemkab Sleman dan BPJS Kesehatan ini salah satunya meliputi perluasan kepesertaan jaminan kesehatan nasional sehingga menjaga keberlangsungan UHC di Sleman.

Baca juga: Bahas Arah Dukungan di Pilpres 2024, Relawan Anies Baswedan Sambangi Kantor Partai Ummat DIY

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman, M Idar Aries, menyebut selama ini Pemkab Sleman telah melakukan berbagai upaya dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakatnya sehingga tercapai UHC dengan kepesertaan sebanyak 96,21 persen dari seluruh jumlah penduduk di Sleman. 

Menurutnya, dilakukannya kerjasama dan sinergi yang baik antara Pemkab Sleman dengan BPJS Kesehatan memberikan harapan yang baik serta merajut optimisme dalam peningkatan UHC di Sleman. (Nei)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved