Pilpres 2024

Pilpres 2024: Semua Partai Menanti Sosok Capres dari PDI-P, PKB Sebut Penentu Peta Dinamika Pemilu

Dari PDI-P pun sudah ancang-ancang memetakan siapa figur yang tepat untuk diusung sebagai Capres 2024. Namun hingga kini belum ada keputusan final.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
kolase/dok Tribunnews.com
Ilustrasi pilpres 2024 

TRIBUNJOGJA.COM - Dinamika Pemilu 2024 sudah mulai tampak dari munculnya sosok dan figur yang bakal diusung sebagai capres di Pilpres 2024.

Dari PDI Perjuangan pun sudah ancang-ancang memetakan siapa figur yang tepat untuk diusung sebagai Capres 2024. Namun hingga kini belum ada keputusan final.

Setelah deklarasi Prabowo Subianto untuk maju Pilpres 2024 dari Gerindra dan keinginan Gus Muhaimin untuk jadi Capres 2024 dari PKB, serta rencana Partai Demokrat mengusung Anies Baswedan atau Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), tinggal bakal capres dari PDI-P yang belum jelas. 

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid bahkan mengatakan pihaknya kini menunggu siapa sosok capres dari PDI-P untuk Pilpres 2024.

Ia menyebut semua partai politik lain juga menanti sikap PDI-P terkait Capres 2024.

"Bukan hanya PKB, partai-partai yang lain juga menunggu seperti apa sikap PDI-P. Capresnya siapa lah kira-kira. Kami juga menunggu," ujar Jazilul saat ditemui di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9/2022).

Penentu dinamika Pemilu 2024

Tribun Jogja mengutip laporan kompas.com, Jazilul menjelaskan, partai lain sedang menunggu PDI-P menentukan sikap demi memperjelas peta dinamika Pemilu 2024.

Dia mengatakan PKB hingga saat ini masih dalam satu bingkai yang sama dengan PDI-P.

"Di 2024 tentu kami berharap bingkai ini dirangkai sampai ada pasangan. Kalau visi kan sudah sama nih, platform sama semua, tinggal Presiden dan Wapres-nya, sama enggak," tuturnya.

Walau demikian, Jazilul mengingatkan hasil Muktamar PKB menyatakan bahwa Cak Imin yang akan menjadi capres dari PKB.

Ia berbicara mengenai pentingnya menjaga martabat PKB di tengah usulan capres dari masing-masing partai.

Partai Gerindra, misalnya, yang saat ini berkoalisi dengan PKB, yang hendak mengusung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai Capres 2024.

"Di situ seninya. Buat PKB dinamika seperti itu biasa. Karena kami menghormati kedaulatan partai masing-masing, tapi kita juga punya martabat. PKB martabat, punya misi. Di situ komprominya," jelas Jazilul.

"Nah seni komprominya menurut saya yang sedang dilakukan Gus Muhaimin selama ini, seni komunikasi. Saya pikir itu yang dilakukan oleh Gus Muhaimin, seni komunikasi membangun relasi, membuka pintu komunikasi dengan semuanya, tidak partai besar, tidak partai kecil," imbuhnya.

(*)

Artikel tayang di https://nasional.kompas.com/read/2022/09/25/pkb-tunggu-siapa-capres-yang-ingin-diusung-pdi-p-di-pilpres-2024

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved